Goodlife

Lingkungan Bersih; Apa Yang Ditawarkan SIG & Duitin ?

Penyedia sistem dan solusi kemasan karton aseptik terdepan, SIG bekerjasama dengan Duitin mengumumkan inisiatif terbaru dari kampanye “Way Beyond Good”, merupakan gerakan yang bertujuan untuk mengumpulkan dan mendaur ulang sampah. Bersama Duitin, SIG mengajak keluarga Indonesia untuk memulai kebiasaan baru yang baik untuk lingkungan, memilah dan mengumpulkan sampah untuk kemudian didaur ulang.

Demikian yang disampaikan dalam sebuah acara media virtual  bersama pembicara  Noer Wellington, Head of Market Indonesia, Malaysia, and Philippines, SIG Combibloc Indonesia dan Adijoyo Prakoso, COO and Co-Founder Duitin.

Di Indonesia, SIG telah menjalankan berbagai kegiatan “Way Beyond Good”, di antaranya: bekerjasama dengan Frisian Flag untuk mengumpulkan kemasan karton susu bekas di Farmers Market dan Lion Super Indo supermarket. Juga mengumpulkan dan mendaur ulang sampah kemasan karton bekas di pabrik Sambu Group; program pengumpulan kemasan karton bekas dari 300 perumahan di Jabodetabek; kampanye media sosial melalui akun Instagram @SIG.ID.WayBeyondGood; dan sekarang berkolaborasi dengan Duitin.

““Way Beyond Good” adalah  sebagai bagian dari misi kami untuk menjadi Perusahaan net positive, Perusahaan yang mengembalikan lebih banyak dari yang kami ambil dari lingkungan. Kerja sama terbaru SIG dengan Duitin menawarkan siklus daur ulang yang lengkap,  kita belajar untuk memulai kebiasaan baik yaitu memilah dan melipat kemasan karton bekas, yang sekarang bisa dikumpulkan melalui aplikasi Duitin untuk kemudian bisa didaur ulang menjadi barang yang berguna. Selain itu, pengguna Duitin juga bisa mendapat reward jika mengumpulkan kemasan karton bekas mereka,” ujar Noer Wellington, Head of Market Indonesia, Malaysia, and Philippines, SIG Combibloc Indonesia.

Noer Wellington melanjutkan, “SIG dan Duitin mengajak keluarga Indonesia untuk turut berpartisipasi dalam kegiatan “Way Beyond Good” untuk bersama-sama menciptakan generasi Way Beyond Good. Merupakan hal yang penting bagi kita untuk menjaga lingkungan yang akan menjadi tempat tinggal untuk anak-anak kita, dan sama pentingnya bagi orang tua untuk mengajarkan anak-anak seputar cara melestarikan lingkungan.”

“Maka kami mengajak orang tua untuk menanamkan kebiasaan baik bagi anak-anak, yang bisa dilakukan sesederhana memilah dan mengumpulkan sampah di rumah. Tentu  dengan harapan kebiasaan yang baik akan terus dilakukan hingga mereka dewasa kelak. Ini lah yang kami maksud dengan generasi Way Beyond Good.”

Sebagai bentuk kerjasama, salah satu inisiatif yang dijalankan adalah kompetisi di Instagram yang mengajak keluarga Indonesia untuk memulai kebiasaan baru di rumah dengan memilah dan melipat kemasan karton bekas lalu mengumpulkannya, yang kemudian mengorder penjemputan sampah daur ulang menggunakan aplikasi Duitin. Mekanisme kompetisi tersebut dapat dilihat di akun Instagram @SIG.ID.WayBeyondGood.

“Duitin sangat bangga bisa berkolaborasi dengan SIG dalam melaksanakan kegiatan “Way Beyond Good”. Duitin dan SIG memiliki visi dan misi yang setara untuk melestarikan lingkungan bagi generasi mendatang  yang memiliki kebiasaan baik memilah dan mengumpulkan sampah pada tempatnya untuk kemudian bisa didaur-ulang oleh pihak yang tepat,” ujar Adijoyo Prakoso, COO and Co-Founder Duitin

Lanjutnya,”Selain ikut melestarikan lingkungan, teman-teman yang akan mengumpulkan kemasan karton bekas ke melalui aplikasi Duitin akan menemui sebuah pengalaman baru, bertemu dengan para Duitin Picker yang selama ini belum pernah dirasakan. Sektor informal yang selama ini masih belum terlihat, namun mereka adalah bagian dari garda terdepan dalam Dunia daur ulang di Indonesia. Kami berharap kegiatan ini akan memperoleh banyak dukungan dari keluarga di Indonesia, agar anak-anak pemilik masa depan, akan menjadi bagian dari generasi Way Beyond Good.”

Melalui akun Instagram @SIG.ID.WayBeyondGood dan @duitin_id, kolaborasi antara SIG dan Duitin juga akan terlihat saat menggunakan aplikasi Duitin. Di aplikasi Duitin, pengguna bisa memilih kategori Kotak Multi Layer saat ingin mengumpulkan kemasan karton bekas yang sudah dipilah dan dilipat. Logo SIG pun akan terlihat saat kategori tersebut dipilih. Dengan berat minimal 3kg, Duitin Picker akan datang untuk mengumpulkan kemasan karton bekas dan pengguna pun akan mendapat insentif.

[]Andriza Hamzah

Photo : Ist

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *