Celeb

Pemulihan Ekosistem Bumi, Suara 3 Wanita ‘Keren’

Talk show virtual bertema “Memulihkan Ekosistem Bumi”,  yang digelar oleh   Delegasi Uni Eropa untuk Indonesia terkait perayaan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh 5 Juni, adalah bertujuan – dan tentu   diharapkan — dapat membangun kesadaran publik yang lebih luas, terutama kaum generasi muda. Bahwa betapa pentingnya menjaga kelestarian hutan, laut dan biodiversitas kita bagi pemulihan ekosistem bumi.

Dalam sesi Talk Show, para pegiat lingkungan, para ahli, dan figur publik berbagi pengalaman mengenai inovasi cerdas yang telah mereka terapkan.

Di antaranya adalah Ajeng Kartika Sari mewakili EMPU Sustainable Fashion sekaligus pendiri Lestari & Iconic Kid, menceritakan bahwa bahan pakaian pun turut andil dalam merusak ekosistem. “Karena itu  kita harus pandai memilih bahan yang aman bagi lingkungan.”

Sementara Musisi dan peneliti, Rara Sekar mengangkat isu pentingnya memanfaatkan lahan sempit di rumah untuk bercocok tanam atau dikenal dengan istilah urban farming, di tengah lingkungan perkotaan.

Dari sektor maritim, Nadine Chandrawinata, pendiri Seasoldier menekankan kondisi laut yang memprihatinkan karena dipenuhi sampah plastik. “Kegiatan edukasi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang kebersihan laut, terus dilakukan baik di lautan mau pun daratan. Para kaum muda khususnya harus terus berjuang mempertahankan Indonesia sebagai Negara kelautan, agar bisa diakui sebagai Negara yang bersih dan peduli pada sampah kita sendiri. Kesadaran menjaga lingkungan  itu dimulai dari diri sendiri,” ujar  Nadine.

Nadine pun berbagi cerita. Bahwa dirinya memilih traveling  tidak hanya sebagai hobi tetapi menjadi bagian dari  pekerjaan.  Contohnya, ketika mau pengambilan foto dan untuk dapatkan  hasil yang  bagus, tentu di sekitar lokasi pengambilan foto harus terlihat bersih dan bening. Untuk mendapat hasil foto yang memadai, ia  pun menggeser sampah-sampah di sekitar.

“Dari adanya kesadaran diri akan  pentingnya menjaga kebersihan lingkungan,  kita pun tergerak  membuat foundation  untuk bergerak menjaga lingkungan bebas sampah sehingga  membuat  daerah sekitar menjadi bersih dan nyaman. Dalam hal ini kami  tidak mau menggurui, tetapi bagaimana  caranya orang lain bisa  dengan kesadaran sendiri menjaga  lingkungannya. Paling sederhana dimulai dari rumah, bagaimana waste management dari kita sendiri,” kata Nadine.

[]Andriza Hamzah Photo : idcomm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *