News Hitz

“Memulihkan Ekosistem Bumi” : Bangkitkan Kepedulian Generasi Muda

Diharapkan dapat membangun kesadaran publik yang lebih luas, akan pentingnya menjaga kelestarian hutan, laut dan biodiversitas kita bagi pemulihan ekosistem bumi, Delegasi Uni Eropa untuk Indonesia,  dalam merayakan “Hari Lingkungan Hidup Sedunia”, yang jatuh pada 5 Juni, tahun 2021, ini menggelar talk show virtual bertema “Memulihkan Ekosistem Bumi”.

Di acara perayaan yang melaksanakan kegiatan baik, ini  dihadiri oleh Kepala Kelompok Kerja Perencanaan Anggaran dan Hukum Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM), Didy Wuryanto, serta menampilkan beberapa pegiat dan ahli lingkungan hidup dari berbagai sektor.

Henriette Faergemann Konselor Pertama urusan Lingkungan, Aksi Iklim, Digital dari Delegasi Uni Eropa untuk Indonesiamengatakan, “Hari Lingkungan Hidup Sedunia menjadi pengingat kita untuk selalu menjaga kelestarian bumi. Uni Eropa turut ambil bagian dengan melibatkan masyarakat umum khususnya anak muda, dalam gerakan global #GenerationRestoration. Restorasi ekosistem dapat dimulai dimana saja. Kita perlu melibatkan banyak pihak untuk mengambil tindakan dan membuat pilihan cerdas sehingga mampu meningkatkan peran kita dalam memulihkan ekosistem.”

Sebagai bagian dari EU Environment Day 2021, Uni Eropa ingin menginspirasi generasi muda untuk melakukan perubahan dan aksi nyata melalui Social Media Challenge #GenerationRestoration.  “Ekosistem yang sehat dapat mencegah kehancuran keanekaragaman hayati. Lingkungan yang terpelihara akan tetap menjadi sumber pangan dan mata pencaharian jika kita menjaga hubungan yang harmonis dengan alam,” Henriette Faergemann menambahkan.

Tentu menarik.  Kepala Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM), Hartono Prawiraatmadja, pun menyampaikan apresiasinya atas Gerakan #GenerationRestoration untuk menggugah keterlibatan kaum muda dalam menjaga kelestarian alam. “Salah satunya adalah melalui program restorasi dan ekosistem gambut serta rehabilitasi mangrove yang rusak,“ ungkapnya.

Dari sektor hutan dan pesisir,  Hari Kushardanto, Direktur Program RARE Indonesia menyampaikan bahwa makanan yang kita konsumsi sangat berpengaruh bagi ekosistem, utamanya kelestarian laut, karena itu sangatlah penting untuk secara berkelanjutan  mengkampanyekan praktik penangkapan ikan yang bertanggung jawab.

Sementara itu, Christian (Manajer Program Hutan Itu Indonesia) menekankan bahwa menjaga hutan menjadi bagian dari tugas kita sebagai masyarakat Indonesia. Hal itu mengingat hutan hujan tropis di Indonesia berada diurutan ketiga sebagai yang terbesar di dunia, sehingga perlu berbagai upaya untuk bergerak bersama menjaga hutan kita.  

Acara talk show dengan moderator Akbarry Noor,  yang terbagi dua sesi, semakin menawan tentu — terlebih bagi generasi muda —  dengan kehadiran pembicara pegiat lingkungan di antaranya  Rara Sekar,  Musisi & Peneliti, Nadine  Chandrawinata, Aktris yang merupakan Founder Seasoldier,  Ajeng Kartika Sari, Empu Suitainable Fashion, Founder Lestari &  Econic Kid, serta  Poetoet Soedarjanto, Ketua Umum Bike to Work (B2W) Indonesia.

[]Andriza Hamzah

Photo : idcomm

Keterangan Photo 1

Henriette Faergemann – Didi Wuryanto

Keterangan Photo  2 (ki-ka) :

Moderator Akbarry Noor –  Poetoet Soedarjanto – Rara Sekar – Ajeng Kartika Sari

Keterangan Photo 3 : Nadine  Chandrawinata – Rara Sekar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *