News Hitz

Program Menawan Unilever MCOE

Indonesia dengan penduduk Muslim terbanyak memiliki potensi dan visi yang kuat untuk menjadi pusat perekonomian Syariah Dunia.  Guna mewujudkan visi tersebut, Pemerintah menyusun Masterplan Ekonomi Syariah (MEKSI) 2019 – 2024. Yang salah satunya fokus pada penguatan rantai nilai halal melalui sejumlah sektor  yang dinilai potensial dan berdaya saing tinggi.

Memahami kebutuhan, ini PT Unilever Indonesia Tbk. sebagai    perwakilan dari pihak Produsen yang memiliki komitmen kuat Iuntuk terus  mendukung program-program Pemerintah, termasuk dalam hal memajukan perekonomian Bangsa melalui sektor Ekonomi Syariah, meluncurkan “Unilever Muslim Centre of Excellence (MCOE).

Untuk memajukan perekonomian Syariah dan mewujudkan komunitas Muslim yang lebih sehat dan sejahtera melalui rangkaian  program pengembangan Ekonomi Syariah, pemberdayaan masyarakat dan edukasi PHBS, “Unilever Muslim Centre of Excellence”,  bermitra dan berbagi peran dengan Komite Nasional Ekonomi  dan Keuangan Syariah, Dewan Syariah NasionalMajelis  Ulama Indonesia (DSN-MUI), Kiai Wahab Chasbullah oundation (NU), Muhammadiyah, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dan Dewan Majelis Indonesia (DMI).

“Dengan diluncurkannya ‘Unilever MCOE’,  sebagai wujud keseriusan Unilever dalam melahirkan rangkaian produk dan program yang relevan dengan kebutuhan konsumen Muslim di Indonesia mau pun Dunia. Di bawah naungan Unilever yang beroperasi di 180 Negara, Unilever MCOE’ yang berbasis di Indonesia akan menjadi percontohan bagi market Unilever secara global dan akan menjadi pusat insight bagi ragam inovasi dan produk yang sesuai dengan dinamika kebutuhan konsumen Muslim di Indonesia dan dunia dengan berkolaborasi dengan 6 pusat riset Unilever di tingkat global,” jelas  Ira Noviarti, Presiden Direktur PT Unilever Indonesia, Tbk.

[]Andriza Hamzah

Photo Ist

PANDANGAN PIHAK PEMERINTAH DAN PARA MITRA TERKAIT PELUNCURAN “UNILEVER MUSLIM CENTRE OF EXCELLENCE”

 Sri Mulyani Indrawati, S.E., M.Sc., Ph.D., Menteri Keuangan Republik Indonesia:

“Saya menghargai komitmen dan juga keseriusan PT Unilever Indonesia Tbk. dalam melahirkan produk-produk yang sesuai dengan nilai-nilai yang dipercaya oleh kaum Muslim yaitu produk halal, juga mendukung serta mengembangkan program-program yang relevan untuk kebutuhan konsumen Muslim. PT Unilever Indonesia Tbk. tidak hanya meng-establish peranannya di dalam perekonomian Indonesia sebagai produsen yang menghasilkan barang-barang yang sesuai dengan prefensi penduduk Muslim, namun juga komitmen untuk terus memperkuat ekosistem Industri, yaitu Industri yang halal dan berkelanjutan. Ini adalah suatu inisiatif yang sangat baik. Saya juga berharap kerja sama ini mendukung agenda climate change, yaitu menghasilkan produk-produk Industri halal yang sustainable, ramah lingkungan, serta ikut mendukung bagaimana Dunia menghindari ancaman dari perubahan iklim. Semoga seluruh langkah-langkah ini akan terus memperkuat perekonomian kita.”

Description: Description: Description: Description: Description: Description: Z:\ONGOING\UNILEVER CORPORATE\MCOE\6\Event Photos\Unilever MCOE - Jaenal Effendi, Direktur KH Wahab Chasbullah Foundation.png

Dr. Jaenal Effendi, MA, Direktur KH Wahab Chasbullah Foundation:

“Yayasan kami bertujuan memajukan sektor Pendidikan, Ekonomi, Sosial Budaya, serta wawasan kebangsaan. Sejalan dengan misi ini, bersama ‘Unilever MCOE’, kami akan melakukan pengembangan ekonomi dan pendampingan usaha masyarakat, serta membangun ketahanan masyarakat melalui edukasi kesehatan dan pengelolaan lingkungan. Selain itu, kami juga akan menyebarluaskan materi pemberdayaan perempuan untuk para anggota Muslimat – mengingat potensi perempuan di bidang perekonomian syariah yang sangat besar.”

 Ir. Adiwarman Azwar Karim, SE., MBA., MAEP., Anggota Dewan Penasihat Unilever Muslim Centre of Excellence:

“Seiring meningkatnya tren halal lifestyle di berbagai belahan dunia, salah satu hal yang paling penting dari proses ini adalah interaksi pihak produsen dengan ahli Syariah. Penelitian, pengujian dan kunjungan lapangan harus dilakukan berdampingan dengan para ahli agar produsen dapat memiliki pengetahuan yang lebih mendalam akan fiqhus-syariah atau ilmu fiqih terkait syariah dan fiqhul-waqi atau pemahaman yang detail dan benar mengenai permasalahan yang terjadi di tengah masyarakat. Hal ini tercermin dengan jelas pada upaya Unilever dalam meluncurkan ‘Unilever MCOE’.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *