News Hitz

“Unilever Muslim Center of Excellence”, Keindahannya ….

Diluncurkannya “Unilever Muslim Centre of Excellence” (Unilever MCOE) oleh PT Unilever Indonesia, Tbk., adalah  sebagai bentuk komitmen Perusahaan dalam berbagi peran dengan Pemerintah dan sejumlah organisasi terpercaya untuk mendukung Indonesia menjadi pusat ekonomi syariah.

Hal itu sejalan dengan tujuan dari Masterplan Ekonomi Syariah Indonesia (MEKSI) 2019-2024.

Acara peluncuran MCOE,  Kamis, 08 April 2021,  dihadiri oleh sejumlah tokoh kenegaraan serta tokoh penting di bidang Ekonomi dan komunitas Muslim,  Prof. Dr. K.H. Maruf Amin, Wakil Presiden Republik Indonesia, dalam  sambutannya menyampaikan, “Langkah dan strategi Pemerintah untuk menjadikan Indonesia Pemimpin Ekonomi Syariah Dunia terus bergulir dan bergerak secara positif. Pemerintah terus mendorong dan memfasilitasi kolaborasi lintas sektor dalam mengembangkan Ekonomi Syariah, termasuk keterlibatan Dunia Usaha. Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada PT Unilever Indonesia, Tbk. yang telah mengambil langkah strategis meluncurkan ‘Muslim Center of Exellence’ untuk Unilever Global, sekaligus menjadikan Unilever Indonesia sebagai global hub produk Halal Unilever. Kedepannya, saya berharap ‘Unilever Muslim Center of Excellence’ ini akan diikuti oleh pemain-pemain Industri halal global lainnya, dengan mengambil langkah yang konkrit implementatif untuk menjadikan Indonesia sebagai global hub produk halal Dunia.”

Ira Noviarti, Presiden Direktur PT Unilever Indonesia, Tbk. menanggapi, “Unilever Indonesia sebagai pemain terdepan di Industri FMCG berkomitmen untuk terus bisa memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia, sembari mendukung program-program Pemerintah dalam memajukan perekonomian Bangsa, salah satunya melalui sektor industri halal, sejalan dengan MEKSI yang dicanangkan Pemerintah. Komitmen ini telah kami mulai sejak tahun 1994, di mana kami menjadi salah satu Perusahaan FMCG pertama yang pabriknya mendapat Sistem Jaminan Halal (SJH) halal dari MUI.”

“‘Unilever MCOE’ yang berbasis di Indonesia akan menjadi percontohan bagi market Unilever secara global dan akan menjadi pusat insight bagi ragam inovasi dan produk yang sesuai dengan dinamika kebutuhan konsumen Muslim di Indonesia dan Dunia,  berkolaborasi dengan 6 pusat riset Unilever di tingkat global.,” lanjut Ira Noviarti.

Ventje Rahardjo, Direktur Eksekutif Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) berkomentar, “Masterplan Ekonomi Syariah Indonesia yang diluncurkan oleh Bapak Presiden pada Mei 2019  lalu telah menjadi rujukan bagi segenap stakeholder di Indonesia untuk bergerak mengembangkan insiatifnya masing-masing dalam suatu kerangka bersama yang strategis guna mewujudkan Indonesia sebagai pusat produsen produk Halal Dunia dan Pemimpin Ekonomi Syariah Global. Ke depan, KNEKS akan terus berperan sebagai konsolidator dan melaksanakan arrangement ini agar terus terjalin sinergi dengan baik di antara semua pelaku, baik Pemerintah, pelaku usaha, kalangan Akademisi dan masyarakat lebih luas, dalam bersama-sama membangun Ekonomi Syariah Indonesia.”

Rizki Raksanugraha, Director of Supply Chain PT Unilever Indonesia, Tbk. menjelaskan, “Unilever memiliki portfolio produk dari kategori yang sangat beragam, mulai dari home care, personal care hingga makanan dan minuman. Berangkat dari pengalaman, ini salah satu bagian utama dari ‘Unilever MCOE’, yaitu ‘Halal Collaboration Hub’, akan menjadi pusat insight bagi ragam inovasi dan produk yang sesuai dengan dinamika kebutuhan konsumen Muslim di Indonesia mau pun Dunia. Dalam operasionalnya, Halal Collabration Hub akan berkoloborasi dengan 6 pusat riset Unilever di tingkat global serta civitas akademika di dalam maupun di luar Negeri.”

Berlokasi di kantor pusat Unilever Indonesia, BSD Tangerang, “Halal Collaboration Hub” memaksimalkan kapasitas teknologi dan inovasi yang dimiliki Unilever secara global.  “Halal Collaboration Hub” akan mempercepat akses informasi mulai dari ide pengembangan produk (inspire), pembuatan (create), hingga akhirnya dicoba oleh konsumen (experience) untuk mengetahui apakah inovasi yang bersangkutan telah menjawab kebutuhan dengan baik. Melalui fasilitas ini, “Unilever MCOE” dipercaya akan mampu melahirkan blueprint yang bermanfaat bagi market Muslim di Negara-Negara lain sekaligus mendorong volume ekspor ke berbagai wilayah Dunia.

Agar inovasi yang dilahirkan selalu selaras dengan nilai-nilai dan kebutuhan konsumen muslim, pengembangan dan pengimplementasian “Unilever MCOE” turut didukung oleh Muslim Advisory Board yang terdiri dari sederatan tokoh Muslim berkompeten.

[]Novianti Nadya Photo : Ist

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *