News Hitz

Ajakan IRSA, Menurunkan Angka Kecelakaan

Pembatasan aktivitas akibat pandemi Covid-19 menimbulkan dampak negatif yang luas terhadap berbagai sektor secara Nasional mau pun global. Kebijakan social distancing (jaga jarak dan menghindari kerumunan) yang diterapkan di seluruh Dunia, termasuk Indonesia,  telah menurunkan aktivitas dan pergerakan masyarakat secara drastis.

Perubahan berskala besar yang terjadi atas dampak kehadiran Covid-19, telah mengubah cara masyarakat banyak  dalam beraktivitas.  Mulai kegiatan bekerja, belanja hingga sekolah, dilakukan di rumah.

Hingga, beiring terjadi  penurunan cukup signifikan pada volume kendaraan  di jalan dan jumlah penumpang pada berbagai moda transportasi umum. Hal ini yang juga menyebabkan turunnya angka kasus kecelakaan lalu lintas di jalan raya sepanjang 2020 hingga 7.565 kasus. Demikian menurut Polda Metro Jaya Bidang Lalu Lintas.

Meskipun penurunan dari angka sebelum pandemi, namun masih relatif tinggi jika dibandingkan dengan penurunan volume kendaraan di jalan raya dan kasus kecelakaan yang hanya turun 15% atau 8.877 kasus dibandingkan tahun 2019..

Dari data tersebut  menunjukkan bahwa resiko kecelakaan lalu lintas tidak hanya bergantung pada situasi lalu lintas. Menurut data Kepolisian yang dihimpun oleh Kominfo (2017), rata-rata 3 orang meninggal setiap jam akibat kecelakaan jalan di Indonesia. Dan dinyatakan ada 3 penyebab utama kecelakaan lalu lintas antara lain; faktor manusia (61%), yang berkaitan dengan kemampuan serta perilaku  pengemudi yang tidak aman, faktor prasarana dan lingkungan (30%), dan  faktor kendaraan (9%).

Dari melihat tingginya angka  kecelakaan lalu lintas, dan  di tengah situasi  pandemi Covid-19,  tidak  menyurutkan  semangat  PT. Asuransi Adira Dinamika Tbk (Adira Insurance) untuk tetap berkomitmen penuh dalam berkontribusi  pada keselamatan jalan, dan meningkatkan kepedulian masyarakat akan betapa pentingnya keselamatan jalan, melalui program baiknya.

Yaitu sebuah Program CSR Aditra Insurance I Wanna get Home Safety bertajuk  Indonesia Road safety  Award (IRSA),  merupakan ajang  penghargaan kepada Pemerintah Kota dan Kabupaten yang memiliki program keselamatan  jalan terbaik di Indonesia, yang telah diselenggarakan sejak tahun 2013.

Demikian penjelasan Wayan Pariama, Direktur Adira Insurance, diskusi terbuka (webinar) ‘Indonesia Bangkit : Pulihnya Mobilitas  Dan Tingkatkan Kesadaran Berperilaku Aman Dan Selamat Saat Berada Di Jalan’, pada Selasa, 30 Maret 2021.

Di acara yang tutur dihadiri  oleh  Dr. Ir. Budi Hidayat, Perencana Ahli Utama Direktorat sarana Prasarana Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPENAS), AKBP Danang Sarifudin, SIK,  Kasi Produk Dikmas Ditkamsel Korlantas Polri, Rohmat Purnadi, Head of Business Digest, dan KI Darmaningtyas,  Ketua INSTRAN (Institut Studi Transportasi),  Wayan Pariama mengungkapkan “Kami melihat bahwa untuk meningkatkan kesadaran berperilaku aman dan selamat, diperlukan edukasi keselamatan berkendara yang meningkatkan pengetahuan dan kesadaran pengguna jalan.”

Tambahnya, Keselamatan jalan merupakan tanggung jawab kita bersama dan menjadi perhatian oleh semua pihak. Kami senantiasa berkomitmen untuk dapat berkontribusi dalam mendukung dan menggalakkan peningkatan keselamatan jalan di Indonesia.”

[]Andriza Hamzah

Photo : EPR

Keterangan Photo

Atas (ki-ka)

Dr. Ir. Budi Hidayat, Perencana Ahli Utama Direktorat sarana Prasarana Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPENAS) –  AKBP Danang Sarifudin, SIK,  Kasi Produk Dikmas Ditkamsel Korlantas Polri

Bawah (ki-ka)

Rohmat Purnadi, Head of Business Digest – Wayan Pariama, Direktur Adira Insurace – KI Darmaningtyas,  Ketua INSTRAN (Institut Studi Transportasi), 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *