Health

Wanita Berpeluang Terpapar Varises, Kenapa ?

Banyak pendapat umum yang menganggap varises tidak berbahaya. Yang sebenarnya, bila sudah memsuki stage tinggi,  varises dapat  menimbulkan komplikasi.

Kenali dan waspadai ketika bagian  kaki terlihat adanya  tonjolan pembuluh darah.

Terlebih  para pekerja yang sering berdiri lama, varises adalah salah satu penyakit yang mengintip di kehidupannya.

Maka — siapa pun — jika mengalami  gejala varises, yang awalnya ditandai dengan  kaki biasanya terasa nyeri, berat dan panas terutama setelah duduk atau berdiri lama, dr.  Rugun Tobing, SpBTKV, Spesialis Bedah Torak Kadiovaskular RSPP, menyarankan agar penderita langsung menemui tenaga medis.

dr.  Rugun Tobing

Varises yang bila dibiarkan bisa menimbulkan komplikasi jika sudah memasuki stage tinggi. “Varises ini termasuk penyakit kronis. Progresif kronis tepatnya. Karena pada awalnya tidak ada komplikasi, tetapi  setelah beberapa tahun bisa menimbulkan kondisi kronis,” kata dr. Rugun Tobing dalam acara online kesehatan yang diselenggarakan oleh RSPP Jakarta, Jumat (12/2/2021).

Ia menjelaskan komplikasi bisa timbul karena adanya gangguan pada pembuluh vena. “Komplikasi yang bisa timbul itu adalah pendarahan akibat kaki terbentur atau tergores. Atau bisa juga terjadi penggumpalan darah yang berpotensi menimbulkan tromboflebitis dan Trombosis Vena Dalam,” urainya.

Tromboflebitis adalah penggumpalan darah di dalam pembuluh vena yang ditunjukkan dengan rasa nyeri pada bagian dalam pembuluh vena yang terkena varises dan kulit terlihat memerah.

Sementara, Trombosis vena Dalam,  terlihat dari kaki yang bengkak dan terasa nyeri.

“Jika dibiarkan, Trombosis Vena Dalam ini akan mengakibatkan komplikasi lain. Seperti, emboli paru-paru, penyumbatan pembuluh arteri paru-paru sehingga menghalangi aliran darah dari jantung ke paru-paru,” ujarnya.

Komplikasi lainnya yang bisa disebabkan oleh varises adalah eksim varises. “Orang yang terkena eksim varises kulitnya akan kemerahan, bersisik yang nantinya akan mengelupas. Pada beberapa kasus, kulit akan berkerak secara permanen,” ujar dr. Rugusn Tobing lebih lanjut.

“Jika terjadi pendarahan, secepatnya berkonsultasi ke tenaga medis. Karena biasanya pendarahan yang terjadi sulit untuk dihentikan,” pungkasnya.

Dr. Rugun Sihombing lebih jauh menjelaskan, “Pada tahap awal, varises akan lebih mudah diobati dibandingkan jika sudah memasuki stage yang lebih tinggi. Bahkan bisa dicegah, dengan menghindari berdiri dalam waktu lama di lokasi yang sama. Upayakan berjalan atau melemaskan kaki dengan jalan santai untuk membantu aliran darah. Atau bisa juga dengan mengangkat kaki lebih tinggi dibandingkan posisi tubuh, dan lebih baik lagi jika sembari tubuh berbaring.

Spesialis Bedah Torak Kadiovaskular RSPP dr. Rugun Tobing, SpBTKV, menyatakan gangguan varises berpotensi besar hadir pada enam kondisi di bawah ini :

1. Wanita lebih berpeluang terpapar varises  

Karena hormon wanita cenderung membuat dinding pembuluh    darah rileks, sehingga katup berpotensi mengalami kebocoran.

2. Faktor keturunan 

Jika ada salah satu dari keluarga dengan riwayat varises, maka seseorang akan berpotensi lebih besar terpapar varises

3. Faktor usia

Dengan bertambahnya usia, elastisitas pembuluh darah akan      berkurang. Hal ini akan membuat katup melemah, sehingga    darah akan dengan mudah kembali ke bawah dan membuat  endapan di dalam pembuluh vena

4. Obesitas

Berat badan yang melebihi ketentuan akan memberikan tekanan lebih besar pada pembuluh vena kaki, sehingga  menyulitkan proses pengembalian darah ke jantung.

5. Aktivitas

Aktivitas berdiri terlalu lama akan mempersulit kembalinya     aliran darah ke jantung. Begitu pula dengan kebiasaan     memakai high heels yang lebih dari 3 cm dalam   waktu lama.    Tapi jangan juga memakai sepatu yang tanpa heels

6. Kehamilan

Produksi darah cenderung meningkat saat hamil, sehingga     akan memberikan tekanan lebih pada pembuluh vena. Hormon     kehamilan juga membuat otot dinding pembuluh vena rileks    sehingga perlindungan katup melemah.

[]Natasha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *