Goodlife

Isi Piringku Yang Sehat, Tercukupi Taburan Garam Beriodium

Menjawab kebutuhan para orang tua untuk menyajikan aneka hidangan nan lezat bernutrisi guna #BantuTumbuhSesuai perkembangan anak, sekaligus mencegah terjadinya hidden hunger atau kelaparan tersembunyi, brand bumbu masak  Royco dari PT Unilever Indonesia Tbk.,   meluncurkan inovasi terbarunya, Royco dengan Garam Beriodium.

Pada hari peluncuran yang bertepatan dengan  Hari Gizi Nasional  yang jatuh pada setiap tanggal 25 Januari, di tahun 2021, ini  Royco sekaligus  berbagi tentang kelanjutan program “Royco NutriMenu” yang melibatkan kolaborasi dengan lebih banyak pihak untuk dampak yang lebih optimal. 

Hernie Raharja selaku Director of Foods & Refreshment PT Unilever Indonesia Tbk., pada acara virtual media gathering  dalam rangka peluncuran  produk  terbaru Royco, ini  menerangkan, “Sejak 2019, Unilever secara global memiliki komitmen untuk membantu masyarakat melakukan transisi menuju pola makan yang lebih sehat sembari mengurangi dampak lingkungan dari sistem rantai makanan secara keseluruhan.”

Sejalan dengan komitmen tersebut, Royco,  menjalani Gerakan Pangan untuk Masa Depan Berkelanjutan guna menginspirasi keluarga Indonesia dalam mengonsumsi hidangan yang baik untuk tubuh maupun untuk bumi; yaitu yang beragam, bergizi seimbang, serta berasal dari sumber yang berkelanjutan.

Iodium,  merupakan zat gizi mikro yang walau pun kadarnya tidak banyak, jelas  dr. Diana F. Suganda, Sp.GK, M.Kes, Ahli Gizi Keluarga, namun mineral ini  sangat penting bagi tubuh, terutama untuk tumbuh kembang anak. Iodium membantu pembentukan tyroid,   juga berfungsi bagi pertumbuhan otak.  

“Sayangnya, pengetahuan sebagian masyarakat mengenai manfaat dari iodium masih terbatas,  yaitu  pada upaya pencegahan penyakit gondok. Padahal, dampak dari kekurangan iodium yang dapat terjadi pada semua usia itu sangat luas. Yang terjadi,  tinggi badan lebih pendek dari rata-rata, kelenjar gondok membesar dan perkembangan otak terganggu. Dampak khusus pada wanita, menstruasi  terganggu dan kesulitan hamil,” lebih jauh dr. Diana F. Suganda menjelaskan.

Maka, tambahnya, orang tua perlu memperkaya pengetahuan dan kreativitas dalam memenuhi nutrisi seluruh keluarga dengan menyertakan bahan-bahan bergizi di tiap masakan, termasuk garam beriodium.

Pada acara virtual yang menghadirkan  Tantri Syalindri Ichlasari, seorang Penyanyi dan Ibu dari dua anak, untuk berbagi kisah, dan Chef Norman Ismail,  tak kalah menarik apa yang disampaikan Prof. Dr. Ir. Dodik Briawan, MCN, Guru Besar  Departemen Gizi Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor.

“Negara kita masih memiliki beban hidden hunger yang besar. Kondisi  akibat kekurangan zat gizi mikro seperti iodium, zat besi, vitamin A dan zink, ini telah menimbulkan beberapa masalah kesehatan yang berkepanjangan. Dan, masyarakat seringkali masih abai akan masalah ini.”

Prof. Dr. Ir. Dodik Briawan,  pun menyampaikan  Riset Kesehatan Dasar 2018 memperlihatkan 48,9 % ibu hamil menderita anemia, dan Riset Kesehatan Dasar 2013 melaporkan bahwa 14,9% anak usia sekolah beresiko kekurangan iodium.

Dalam catatan,  asupan zat gizi mikro dapat dipenuhi dengan memastikan sajian makanan beragam di rumah sejak dini.

Di penghujung acara, Hernie Raharja menyampaikan,”Semoga inovasi Royco dengan garam beriodium dan rangkaian program ‘Royco NutriMenu’ dapat semakin membuka wawasan orang tua dalam memanfaatkan beragam bahan makanan sehat yang tersedia di sekitar kita, serta menanamkan kebiasaan baik untuk memasak dan mengonsumsi makanan rumah yang variatif dan bernutrisi. Bersama-sama, kita lawan hidden hunger untuk masa depan yang lebih baik.”

[]Andriza Hamzah

Photo : Alchemy Communications

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *