News Hitz

“SAFE STEPS Kids” : 1.000 Anak SD Tanggap Pertolongan Pertama

Di tengah kasus pandemi COVID-19 yang terus meningkat, PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) melaksanakan  dan mewujudkan program menawan, “SAFE STEPS Kids”. Merupakan perpanjangan program utama “SAFE STEPS” oleh Prudence Foundation yang telah lebih dulu diluncurkan sejak 2014 dan terdiri dari serangkaian kiat-kiat praktis untuk bertahan hidup dalam keadaan darurat atau situasi bencana.

Melalui program dari hasil kerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI), yang berupa  kesiapsiagaan anak terhadap Pertolongan Pertama serta pencegahan COVID-19, di tahun ini dilaksanakan pelatihan terhadap 1.000 siswa Sekolah Dasar di wilayah Jakarta dan Depok,  secara online.

Nini Sumohandoyo, Sharia, Government Relations and Community Investment Director Prudential Indonesia, menjelaskan “Dunia anak adalah Dunia yang penuh dengan kreativitas, kebebasan, dan imajinasi. Hanya saja, sikap spontan keseharian anak-anak, tanpa disadari seringkali berpotensi membahayakan. Terlihat dari faktanya, sebanyak 77,4% anak Indonesia usia 5-14 tahun mengalami cedera ketika beraktivitas di rumah, Sekolah dan lingkungan sekitarnya. Untuk itulah,  melalui edukasi “SAFE STEPS Kids”, kami ingin mempersiapkan anak menghadapi berbagai skenario darurat yang dapat terjadi sewaktu-waktu, khususnya cedera pada tubuh.”

Lebih dari itu menawannya dari program  “SAFE STEPS Kids”, yang merupakan bagian dari inisiatif Community Investment Prudential Indonesia pada pilar Kesehatan dan Keselamatan, ini juga  memberikan pengetahuan mengenai COVID-19.

“Kedua materi edukasi pun kian relevan di tengah situasi adaptasi kebiasaan baru sekarang, dan dapat menjadi bekal bagi anak-anak menjelang dibukanya kembali kegiatan belajar mengajar di sekolah,” Nini Sumohandoyo menambahkan.

Sudirman Said, Sekretaris Jenderal PMI mengungkapkan, “Edukasi pertolongan pertama merupakan agenda rutin yang kami lakukan. Dengan menguasai keterampilan pertolongan pertama secara memadai, sangat besar manfaatnya. Selain dapat menyelamatkan nyawa sendiri juga orang lain. Data menunjukkan, luka akibat irisan/robekan/tusukan yang dialami 18,4% anak usia 5-14 tahun dapat menyebabkan pendarahan atau infeksi lebih lanjut yang mengancam jiwa, jika tidak segera ditangani dengan tepat.”

Pendekatan pengajaran “SAFE STEPS Kids” dengan metode interaktif, santai, dan kaya informasi ini terbukti sukses. Hampir semua anak yang ikut serta (90%) menyatakan edukasi yang diberikan menarik, bermanfaat, dan disampaikan secara jelas. Bahkan ada seorang anak yang langsung mempraktikkan materi ajar mengenai luka bakar untuk menolong Ibu-nya.

Program “SAFE STEPS Kids”, yang  tahun ini dirancang dengan menggunakan karakter animasi yang disukai anak dari Cartoon Network seperti ‘The Powerpuff Girls’ dan ‘We Bare Bears’ dilaksanakan secara virtual selama September–Oktober 2020 di 10 Sekolah Dasar di wilayah DKI Jakarta dan Depok.

Ada pun materi pertolongan pertama yang diajarkan antara lain adalah mengatasi tersedak, luka bakar, luka berdarah, dan patah tulang. Seluruh siswa juga  diberikan Education Kit, berisi permainan interaktif seperti, acak kata, tebak gambar, buku mewarnai, melengkapi poster, dan tebak kata.

Khusus untuk materi COVID-19, disediakan pula materi yang dikemas dalam bentuk lagu agar lebih mudah diingat anak. Selain itu, materi edukasi ini juga dapat diakses dalam bentuk games interaktif melalui website PMI.

“Besar harapan kami program “SAFE STEPS Kids” dapat membentuk anak tumbuh sebagai sosok yang mandiri untuk merawat diri mereka sendiri dan mampu membantu orang lain ketika dibutuhkan,” tutup Nini Sumohandoyo.

Saksikan video edukatif “SAFE STEPS Kids” di www.safestepskids.com.

[]Andriza Hamzah

Bahan Tulisan & Foto : Alchemy Communications

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *