News Hitz

Ruangpeduli, Wujud Kepedulian Pada Dunia Pendidikan

Setiap tahun, pelajar dan para pelaku Pendidikan di Indonesia menghadapi berbagai macam tantangan Pendidikan. Lebih lagi, masa pandemi Covid-19, — menuntut proses belajar mengajar harus dilakukan secara daring —  beriring memasuki akhir tahun 2020, tantangan Pendidikan terus dialami. 

Menghadapi  tantangan besar dan agar dapat memberikan dampak positif,  tentu diperlukan kolaborasi dari berbagai pihak.

Atas dasar itulah,  Ruangguru meluncurkan ruangpeduli. Sebuah platform  yang berfungsi untuk memfasilitasi pihak pemberi dan penerima bantuan sosial Pendidikan dengan kurasi, dan verifikasi secara sistematis secara daring.

Dengan mengusung semangat kolaborasi terhadap kepedulian pendidikan Indonesia, Ruangguru akan memusatkan dan melaksanakan seluruh kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) Ruangguru yang selama ini sudah berjalan dan yang akan datang, di dalam ruangpeduli. 

Melalui situs web ruangpeduli.org, Ruangguru mengajak mitra individu dan lembaga untuk ikut serta berkontribusi menyelesaikan berbagai tantangan Pendidikan. Para mitra dapat menyalurkan bantuan akses, dukungan fasilitas belajar, serta konten Pendidikan yang berkualitas.

Tidak sebatas itu saja, masyarakat juga dapat mengajukan penggalangan bantuan Pendidikan bagi pihak yang berhak menerimanya. Keabsahan informasi pihak yang menggalang donasi dan penerima bantuan Pendidikan menjadi prioritas. Catatan tersendiri, ruangpeduli memiliki manajemen platform yang tersentralisasi, terkurasi, dan terverifikasi, sehingga memberikan kenyamanan dan keamanan bagi setiap donatur yang peduli. 

“Kami meluncurkan ruangpeduli karena kami percaya bahwa gerakan peduli Pendidikan bisa dibuat lebih  terstruktur dan kolaboratif. Harapannya, lewat ruangpeduli, akan ada lebih banyak individu dan lembaga yang terpanggil untuk berkontribusi untuk Pendidikan Indonesia”, ujar Belva Devara, Pendiri dan Direktur Utama Ruangguru, dalam Konferensi Pers  Daring peluncuran  ruangpeduli, pada tanggal10 November 2020.

Melalui ruangpeduli.org, individu mau pun lembaga dapat mengajukan program sosial Pendidikan yang membutuhkan bantuan. Masyarakat dapat membantu berbagai program misalnya, membantu perbaikan atap SMPN 1 Amurang, penyediaan gawai internet bagi Guru dan Pelajar di SMPN 1 Sambeng Lamongan, memberikan beasiswa bagi anak putus sekolah, dan lainnya.

“Seluruh biaya tata kelola platform menjadi bagian dari CSR Ruangguru. Di dalam platform,  ini kami juga tidak menerima dana sepeser pun dan tidak mengambil komisi dalam bentuk apa pun,” Belva Devara menambahkan keterangannya.  

Beberapa program Pendidikan yang telah berlangsung melalui kerja sama dengan para mitra, seperti program beasiswa pelatihan guru, beasiswa pendampingan siswa, pembelajaran intensif untuk siswa putus sekolah, dan akses gratis ke konten pendidikan.

Tercatat, ribuan Guru, siswa, dan pelaku Pendidikan lainnya berpartisipasi dalam program-program ini termasuk yang berada di daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, Terluar).

Tentu menawan. Adalah Adaro Foundation yang telah menjalin kerjasama  dengan Ruangguru, dan sejak beberapa tahun terakhir. “Visi dan misi kami beriringan, yakni meningkatkan  kualitas  Pendidikan melalui  sumber daya  manusia yang mumpuni. Pelatihan Guru dan beasiswa bagi Pelajar telah kami berikan dan juga turut menyasar daerah 3T di Indonesia,” tutur Okty Dayamanti, Ketua Umum Adaro Foundation.

“Kita bisa memiliki semangat yang sama dengan Ruangguru untuk menghubungkan jutaan kebaikan termasuk kebaikan di dunia Pendidikan. Kemitraan ini menjadi awal yang baik dalam memudahkan para OrangBaik menyalurkan bantuan bagi para Guru, Siswa, dan pihak lain yang membutuhkan bantuan pendidikan,” ucap Muhammad Alfatih Timur, CEO and Founder Kitabisa.com 

“Benih Baik menyambut positif kerja sama dengan Ruangguru untuk memperluas akses bantuan di sektor Pendidikan. Kita harus menggandeng banyak mitra dalam menjangkau pihak-pihak yang berhak memperoleh bantuan Pendidikan, agar dampak yang dihasilkan semakin luas” ujar Firdaus Juli, Co-founder Benih Baik.

[]Andriza Hamzah Photo : Dok. EPR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *