Goodlife

Vitamin E Tepat Dosis, Bikin Tubuh Anda Cemerlang !

Dalam menjaga kesehatan tubuh, terutama di kala kondisi yang sangat rentan terhadap penyakit yang disebabkan oleh virus, bakteri, dan pencetus lainnya, seperti dalam masa Pandemi saat ini,  Nutrisi adalah hal penting yang perlu diperhatikan

Adalah Vitamin E merupakan salah satu nutrisi yang sangat esensial dan dibutuhkan oleh tubuh kita.

Terlebih, banyak penelitian telah membuktikan bahwa Vitamin E sebagai antioksidan, sangat bermanfaat dalam membantu melindungi sel-sel tubuh, termasuk  sel-sel kulit dari kerusakan akibat radikal bebas sehingga dapat membantu memelihara kesehatan kulit. Hal ini disebabkan karena pada kulit yang sehat, di setiap lapisannya terkandung Vitamin E yang harus dipelihara kadarnya setiap hari.

Dari penelitian, juga  menunjukkan bahwa pada kulit yang tidak sehat (kering, kusam, kasar),  karena kadar vitamin E di setiap lapisannya berkurang.

Maka, sebagai anti oksidan, Vitamin E dapat mencegah proses oksidasi oleh radikal bebas (seperti  sinar Ultra Violet dari matahari, polusi, debu, AC, asap kendaraan bermotor) terhadap sel-sel kulit dan mencegah terbentuknya hasil oksidasi yang toksik, sebagai contoh adalah Vitamin E menangkap radikal bebas peroxyl yang merupakan hasil peroksidasi asam lemak tidak jenuh.

Selain itu vitamin E juga berfungsi menjaga stabilitas dan integritas membran sel-sel kulit serta melindungi komponen-komponennya dari toksisitas berbagai macam obat, logam berat dan zat kimia lain yang akan membentuk radikal bebas.

Vitamin E juga berfungsi sebagai pelindung terhadap sinar matahari, karena kandungan antioksidannya. Vitamin E yang diaplikasikan ke kulit dapat menyerap sinar Ultra Violet (UV) berbahaya yang dipancarkan matahari. Hal ini tenntu dapat membantu mencegah terbentuknya bintik hitam dan juga kerutan.

Penelitian-penelitian juga menunjukkan bahwa Vitamin E terbukti bermanfaat dalam menjaga daya tahan tubuh atau imunitas. Dalam hal daya tahan tubuh, Vitamin E berfungsi : pertama,  menjaga keutuhan struktur kulit (Epidermal Barrier) agar mencegah masuknya mikroorganisme (virus dan bakteri) ke dalam tubuh.

Kedua, mengaktifkan sistem imunitas tubuh seperti meningkatkan aktivitas antibodi serta sel pembunuh alami dalam melawan  benda asing (virus dan bakteri) yang masuk ke dalam tubuh.

Ketiga, Vitamin E juga membantu mencegah kerusakan sel-sel daya tahan tubuh dari radikal bebas sehingga sel-sel daya tahan tubuh dapat berfungsi dengan baik dalam melawan virus atau bakteri yang masuk ke dalam tubuh kita.

Asupan Vitamin E didapat dari mengonsumsi beberapa jenis makanan seperti minyak sayur, sayuran berwarna hijau seperti misalnya bayam, sereal dengan kandungan nutrisi tambahan, telur, dan juga kacang-kacangan.

Namun, faktanya asupan Vitamin E melalui makanan ini tidak mencukupi kadar yang dibutuhkan oleh tubuh. Oleh sebab itu, tambahan asupan Vitamin E dengan konsumsi suplemen merupakan hal yang sangat direkomendasikan oleh dunia medis.

Suplemen Vitamin E yang berasal dari bahan alami (d-alpha-tocopherol) seperti ekstrak biji gandum dan ekstrak biji bunga matahari, dua kali lebih baik diserap oleh tubuh dibandingkan Vitamin E yang sintetis (dl-alpha-tocopherol).

Penyerapan asupan Vitamin E alami ini akan lebih nyaman dan efektif ketika dikonsumsi dalam bentuk kapsul lunak atau sering disebut soft capsule.

Untuk mendapatkan manfaat Vitamin E dalam memelihara kesehatan kulit dan menjaga daya tahan tubuh, tentunya diperlukan dosis suplemen Vitamin E yang aman dan efektif untuk penggunaan jangka panjang.

Vitamin E dengan dosis 100 IU (International Units) direkomendasikan untuk  mereka yang memiliki masalah kulit seperti kulit kusam, berjerawat yang biasanya dialami pada usia di bawah 25 tahun. Dosis bisa ditingkatkan lagi apabila kondisi kulit agak kering.

Sementara itu, untuk mereka yang memiliki kulit yang mudah kering atau kering dengan berbagai macam aktivitas yang padat di dalam dan di luar ruangan, dianjurkan untuk mengonsumsi Vitamin E dengan dosis 300 IU per-harinya. Kondisi kulit seperti ini biasanya dialami pada usia di atas 25 tahun.

Rekomendasi Dosis tersebut masih di bawah dosis maksimal Vitamin E per-hari, yaitu 400 IU yang merupakan dosis maksimal Vitamin E per-hari yang ditetapkan Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia, sehingga dipastikan aman untuk penggunaan jangka panjang.

Jadi dapat disimpulkan bahwa Vitamin E yang memiliki sifat anti oksidan yang kuat dan berperan penting dalam sistem daya tahan tubuh manusia, merupakan salah satu nutrisi esensial yang sangat dibutuhkan tubuh kita dalam memelihara kesehatan kulit dan menjaga daya tahan tubuh setiap hari, terutama di masa Pandemi ini.

[]Andriza Hamzah

Narasumber :

Dr. Michael Reo

Medical Manager PT Darya-Varia Laboratoria Tbk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *