Health

ASA DARA : Harapan Baru Pasien Kanker Payudara

Bagi sebagian besar pasien, diagnosis kanker metastasis sangat menegangkan dan tak sedikit – di antaranya — yang mengalami, mengalami  kesulitan jika ditanggung sendiri.

Pasien dengan kanker stadium lanjut seperti kanker payudara metastasis, memiliki pilihan pengobatan yang dapat mempertahankan kualitas hidup yang baik, termasuk melalui perhatian dan dukungan psikososial kepada pasien kanker, guna membantu mengatasi tekanan psikologis pasien.

Maka begitu pentingnya semangat dan dukungan bagi pasien kanker payudara selama pengobatan dan perawatan

Adalah Rien Saptarina, pasien kanker payudara metastatik dari LovePink —  Yayasan Daya Dara Indonesia,  merupakan organisasi para penyintas kanker payudara –,  berbagi kisah, “Sejak awal saya terdiagnosa kanker payudara HR+/HER2-, saya aktif berkonsultasi dengan dokter tentang pilihan terapi inovatif kanker payudara yang terbaru dan tersedia, serta jenis pengobatan yang dapat meningkatkan kualitas hidup, termasuk dukungan keluarga dan teman-teman.”

Pfizer menggandeng dan berkerjasama dengan komunitas kanker,  memberikan dukungan bagi penyintas mau pun pasien kanker agar dapat menjalani kehidupan yang lebih baik.             

Di tahun ini menjadi catatan tersendiri dan menawan, Pfizer menginisiasi program ASA DARA sebagai terobosan inovatif yang membantu pasien kanker payudara metastatis HR+ / HER2- di Indonesia melalui platform ekosistem kesehatan digital.

Demikian dikatakan oleh Dr. Dyana Suwandy, Medical Affairs Manager Pfizer Indonesia. “Sebagai program yang pengembangannya bersifat multi stakeholder dengan dukungan mitra platform digital dan berbagai organisasi pasien, program ini diharapkan dapat memberikan harapan baru dalam membangun solusi yang komprehensif dari peningkatan pengetahuan, asistensi bagi pasien dan penguatan peran psikososial caregivers di masyarakat”

Program ASA DARA terbagi atas tiga pilar utama yaitu Asah, Asih, Asuh. “Asah” merupakan program edukasi mengenai kanker payudara HR+/HER2-; “Asih” sebagai program bantuan pasien untuk mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik dengan memberikan kenyamanan serta keringanan dalam memperoleh terapi dari Pfizer setelah pasien berkonsultasi dengan dokter ahli kanker atau spesialis; sementara “Asuh” merupakan program bagi pemerhati dan pendukung kanker payudara metastatis melalui dukungan psikososial yang dibutuhkan pasien kanker payudara metastatis.

Untuk memberikan dukungan psikososial, Rien Saptarina mengajak penyintas kanker payudara secara aktif berbagi informasi dan pendampingan bagi pasien kanker payudara.  “Dukungan dan informasi langsung dari penyintas kanker sangat membesarkan hati dan terbukti membantu dalam perjalanan pengobatan saya melawan kanker payudara metastatis. Anda pun juga bisa melakukannya.”

[]Titis Mawar Rani

Photo : Dok. Emerson Asia Pacific

Keterangan Photo :

A –  Dr. Dyana Suwandy

B –  Rien Saptarina

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *