News Hitz

100 Duta Mahasiswa Untuk Sehat Indonesia

Menginjak tahun ke-4, Gerai Sehat Rorotan menandai dengan menggelar serangkaian acara, yang melibatkan 100 Mahasiswa Terbaik Indonesia menjadi Duta Sehat Indonesia.

Dilibatkannya sebanyak 100 mahasiswa terbaik di sejumlah Universitas di Tanah Air, menjadi Duta Sehat Indonesia, yang merupakan gagasan PTT Exploration and Production Public Company Limited (PTTEP) dan Dompet Dhuafa, bukannya tanpa memilikki latar-belakang.

 

Sebagai catatan, Gerai Sehat Rorotan yang keberadaannya sejak empat tahun lalu, merupakan klinik pelayanan kesehatan Cuma-cuma, ini memiliki sejumlah program, baik yang bersifat promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitasi.
Jadi kesehatan, dalam pandangan kedua penggagas : PTTEP dan Dompet Dhuafa, merupakan investasi untuk mendukung pembangunan ekonomi dan berperan penting dalam upaya penanggulangan kemiskinan. Maka untuk pembangunan kesehatan diperlukan upaya agar berbanding lurus dengan pembangunan ekonomi.

Untuk itu, pembangunan kesehatan harus dipandang sebagai suatu investasi untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM).

Maka ke-100 Mahasiswa terbaik — berasal dari Universita Indonesia, Institut Pertanian Bogor, Universitas Trisakti, UIN Syarif Hidayatullah, dan UPN Veteran Jakarta — yang terpilih menjadi Duta Kesehatan, seperti dikatakan Direktur CSR Domet Dhuafa, Herdiansah, di acara bertajuk “100 Duta Sehat Indonesia Wujud Bakti Untuk Negeri”, yang berlangsung pada Senin, 15 April 2019, di Gedung Nyi Ageng Serang – Jakarta Selatan, nantinya akan dikirim dalam bentuk kuliah kerja nyata (KKN).
“Nantinya, para Mahasiswa fakultas Kedokteran, kesehatan masyarakat, ilmu kesehatan dan gizi dari berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia, ikut serta terjun ke lapangan untuk menghasilkan sejumlah data, analisa dan solusi kongkrit bagi kesehatan masyarakat,” ujar Herdiansyah.

Di acara yang dihadiri Titi Thongjen, General Manager PTTEP, dan Rini Suprihartini, Direktur DDSE, General Affairs Manager PTTEP Afiat Djajanegara menyampaikan,”Usaha utama PPTEP adalah mencari dan eksplorasi minyak. Walaupun begitu juga komit melakukan CSR untuk program kesehatan dan pendidikan. Di ulang tahun Gerai Sehat Rorotan, ini pihak PTTEP bekerjasama dengan Dompet Dhuafa untuk mencairkan inisitif yang dapat berdampatk lamgsung bagi msayarakat.”

[]
Photo : Dok. Dompet Dhuafa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *