Fashion & Grooming

Kolaborasi ‘Cantik’, Sofia Sari Dewi X TorajaMelo X Toraja Utara

Kembali hadir di ajang bergengsi Indonesia Fashion Week 2019. Tepatnya pada hari Sabtu, 30 aret 2019, bertempat di Jakarta Convention Center – Jakarta, Desainer muda, berpenampilan fisik menawan, kelahiran Yogyakarta, 2 November 1983, Sofia Sari Dewi, kembali menampilkan karyanya.

Kali ini dalam kolaborasi : desainer binaan Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) : Sofia Sari Dewi X TorajaMelo X Toraja Utara di pergelaran ‘Revisited Sarong by KOPIKKON’ mengusung sarung ke dalam karya yang tampil kekinian.

Atas kolaborasi, ini Sofia Sari Dewi menyampaikan,”Ini adalah area IKKON (Inovatif dan Kreatif melalui Kolaborasi Nusantara) 2017, yang  mentornya Ibu Dinny dari social enterprise TorajaMelo,” tutur Sofia, yang pernah terpilih untuk mengikuti program unggulan Pemerintah Indonesia melalui BEKRAF (Badan Ekonomi Kreatif Indonesia), IKKON 2016.

Menariknya, Sofia memiliki alasan sendiri mengapa mengangkat sarong (sarung) bertema ‘Urban Reborn’ dalam koleksinya.

Penuturannya, “Sarung sudah menjadi bagian gaya hidup masyarakat Indonesia sejak lama. Orang Indonesia terlihat anggun dan gagah saat mengenakan sarung. Dengan mengangkat sarung menjadi sesuatu yang kekinian di ajang IFW 2019, saya berharap generasi muda mulai menerapkan #SarongIsOurLisestyle sebagai outfit-nya, serta bangga dengan jati dirinya. Dan, perhelatan akbar Indonesia Fashion Week merupakan momen yang tepat untuk lebih memasyarakatkan sarung.

Sebagai informasi, pada tahun 2018, Sofia juga memanaskan Indonesia Fashion Week berkolaborasi dengan komunitas Indigo Ikat Lango, Ngada dengan menghadirkan tenun dengan warna baru yang eksotik yaitu ‘Indigo Deep Blue Sea’.

Karyanya  itu terinspirasi dari kecintaannya terhadap kebudayaan di daerah Ngada, di propinsi Nusa Tenggara Timur dimana ia menyumbangkan waktu dan ide-idenya sebagai peserta IKKON 2016.

Di ajang IFW 2019, ini  Sofia menggunakan sarung yang ‘disulap’ dalam outfit kekinian dalam 9 look, yaitu 5 untuk pria dan 4 untuk wanita.

“Sarung bisa dimodifikasi tampil kekinian dan modis sehingga cocok dikenakan sebagai outfit harian,”  Sofia Sari Dewi menambahkan keterangannya.

Pendapat yang disampaikan oleh Sofia Sari Dewi, ditanggapi kata setuju  oleh Dinny Jusuf, Founder dan CEO TorajaMelo. Bahkan menurut Dinny Jusuf,  Indonesia Fashion Week 2019 akan menjadi ajang yang baik bagi generasi muda untuk bangga #SarongIsOurLifestyle, hashtag (tagar) yang diusung #TorajaMeloXSofiaSariDewi dalam kampanye digitalnya.

Dalam pergelaran ini, Sofia Sari Dewi X TorajaMelo X Toraja Utara didukung oleh JNE, yang mengusung jargon “Connecting Happiness” dan “Menginspirasi Negeri” yang selaras dengan tagline TorajaMelo, Weaving The Stories Of Indonesia.

 

[]Andriza Hamzah

Photo : EPR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *