News Hitz

Uji Kompetensi Disc Jockey, Seberapa Pentingnya ?

Ijoel Dwijanti, FDJ (Female Disc Jockey) yang sudah malang melintang di Dunia Disc Jockey  selama hampir 34 tahun, tak henti berkegiatan di Dunia yang yang menghantar langkahnya hingga meraih prestasi memukau : Juara 2 di ajang Indonesia DJ Festival 1986 dan Juara 2 Asean DJ Festival 1987.

Mengawali tahun 2021,wanita kelahiran Kota Bandung, Jawa Barat, ini di tengah aktivitasnya yang padat — sebagai Pengacara –, Pendiri sekaligus Pengajar  Sekolah DJ,  The Doctor DJ School, dan membangun organisasi Persatuan Disc Jockey  Indonesia (PDJI), duduk sebagai Ketua Bidang Hukumham, kini sedang bersiap  menyelenggarakan Uji Kompetensi Sertifikasi Disc Jockey  yang akan berlangsung pada tanggal 27 Maret 2021 di Bandung.

Ijoel, demikian panggilan akrabnya,  tidak sendiri namun bekerjasama dengan sahabat lamanya yaitu David Klein Karnadi selaku Assesor dari LSPMI dan tentunya dengan BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi)

Uji Kompetensi Serifikasi  Disc Jockey, seperti diungkap Ijole, panggilan akrabnya, itu merupakan cita-citanya sejak lama, yaitu Profesi sebagai seorang DJ yang diakui oleh Negara. “Karena kita tidak ingin nanti ke depannya,  malah DJ luar Indonesia yang akan mendomimasi di Club-Club beken dan besar di seluruh Indonesia. Lebih dari itu, agar nanti semua Profesi yang diakui oleh Pemerintah harus memiliki Sertifikasi Profesi. Kaarena Negara telah mengakui DJ sebagai Profesi maka nantinya di KTP dapat mencantumkan dalam Pekerjaan adalah Musisi Media Baru (termasuk DJ di dalamnya).”

Berikut penjelasan Ijoel  mengenai mengapa harus mengikuti Uji Kompetensi DJ ?

1.  Semua Profesi di Indonesia diwajibkan memiliki Sertifikat SKKNI 

2.  Go Internasional karena sertifikat SKKNI dari BNSP diterima secara 

     Internasional

3.  Sanggup mengidentifikasi kontrak kerja

4.  Sanggup menentukan Riders

5.  Memiliki kemampuan  membuat materi promo sendiri

6.  Mampu menyeleksi dan memastikan lagu-lagu yang akan dimainkan

7.  Mampu mempersiapkan dan set-up peralatan DJ termasuk kabel audio

8.  Menguasai teknik dalam beat matching, beat mixing dengan baik dan

     benar

“Uji Kompetensi ini merupakan ujian yang Pertama atau angkatan Pertama, di mana nanti ke depannya kita akan mengadakan secara rutin, bisa 3 bulan sekali atau 6 bulan 1kali,”  kata Ijoel.

[]Andriza Hamzah

Photo : Dok. The Doctor DJ School

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *