Health New Trendz

Merawat Kesehatan Gigi & Mulut, Di Tengah COVID

Anjuran Pemerintah pada masyarakat dalam melindungi diri dan keluarga terhadap COVID-19 melalui tindakan  3M — Mencuci  tangan dengan sabun – Menjaga  jarak fisik – Menggunakan masker — PT Unilever Indonesia  Tbk., melengkapi dengan Menjaga kesehatan rongga mulut.  Beriring menghadirkan Pepsodent Active Defense Mouthwash ke tengah masyarakat luas.

Mouthwash  dengan teknologi cetylpyridinium chloride (CPC), dari hasil studi secara in vitro (studi dalam lingkungan terkendali di luar organisme hidup) terbuktikan  efektif mengurangi jumlah virus SARS-CoV-2 hingga 99,9% dengan waktu kontak 30 detik. CPC juga dikenal efektif mengatasi berbagai penyakit dan masalah mulut lain dengan sifat anti virusnya.

Demikian disampaikan drg. Ratu Mirah Afifah, GCClinDent., MDSc., selaku Head of Sustainable Living Beauty & Personal Care and Home Care Unilever Indonesia Foundation, di acara virtual peluncuran Pepsodent Active Defense Mouthwash, Minggu  pertama bulan Desember 2020, yang dipandu Melanie Putria.

“Teknologi CPC yang kami gunakan telah dikenal oleh industri perawatan gigi dan mulut karena kemampuannya dalam mengurangi bakteri, mencegah plak gigi dan peradangan gusi tanpa mengganggu keseimbangan bakteri baik di dalam rongga mulut. Dan sebagai brand yang selalu berupaya melindungi senyum sehat keluarga Indonesia melalui berbagai inovasi, kami berharap keunggulan dari Pepso-19dent Active Defense Mouthwash yang mengandung CPC dapat merawat kesehatan gigi dan mulut sekaligus menjadi cara tambahan yang potensial untuk membantu mengurangi transmisi COVID-19,” drg. Ratu Mirah lebih jauh menjelaskan.

Pepsodent Active Defense Mouthwash

Pada acara peluncuran Pepsodent Active Defense Mouthwash,  sekaligus ajang diskusi Kesehatan rongga mulut, drg. Tritarayati, SH, MHKes. selaku Ketua Komite Kesehatan Gigi dan Mulut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menuturkan, “Terbilang banyak riset menunjukkan bahwa virus SARS-CoV-2 juga terdapat di rongga mulut orang yang terinfeksi, terutama di air liur. Hal ini harus kita waspadai karena di dalam 1 ml air liur terdapat lebih dari 1 juta partikel virus. Sementara, data terbaru dari CDC menunjukkan bahwa lebih dari 50% penyebaran virus SARS-CoV-2 berasal dari kasus konfirmasi tanpa gejala yang berada di sekitar kita. Maka sangat perlu  kesadaran  masyarakat dalam berhadapan dan melawan COVID-19.”

Juga menawan dengan apa yang disampaikan  Dr. drg. Armelia Sari Widyarman,M.Kes., selaku Dokter Gigi dan Peneliti,”Kami  mengapresiasi studi  yang dilakukan oleh Pepsodent sebagai bentuk kepedulian untuk membantu melindungi masyarakat di tengah pandemi ini. Hasil studi ini didukung oleh sebuah uji klinis dari sekelompok peneliti independen di Singapura yang melibatkan sejumlah penderita COVID-19. Uji klinis tersebut memperlihatkan bahwa berkumur dengan mouthwash yang mengandung CPC dapat mengurangi jumlah virus SARS-CoV-2 secara signifkan setelah berkumur selama 30 detik, dan efeknya bertahan selama 6 jam.”

Atas di luncurkannya mouthwash,– sebelum hadir di tengah masyarakat Indonesia — menginspirasi Pepsodent untuk mendonasikan  50.000 produk Pepsodent Active Defense Mouthwash ke Rumah Sakit rujukan di wilayah Jabodetabek dan Wisma Atlet Kemayora, guna memberikan perlindungan tambahan kepada para tenaga Kesehatan yang berada di garda terdepan dalam upaya menekan laju transmisi COVID-19.

“Industri Rumah Sakit tengah menghadapi perjuangan panjang melawan COVID-19. Untuk itu, upaya pengendalian dan pencegahan di dalam lingkungan Rumah Sakit sangat diperlukan. Di tengah tingginya resiko penularan COVID-19, kami harap donasi ini dapat membantu pihak Rumah Sakit dalam melindungi tenaga medis dan pasien dari penyebaran virus,” kata dr. Kuntjoro Adi Purjanto, M.Kes., Ketua Umum  Perhimpunan Rumah Sakit Indonesia (PERSI).

[]Andriza Hamzah

Photo : Ist

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *