News Hitz

Indonesia Sehat, Hijau Dan Maju

Dunia, saat ini sedang menghadapi  berbagai tantangan, baik dari segi Kesehatan, Ekonomi, ketimpangan Sosial, lingkungan. Dan merupakan komitmen Unilever  Indonesia, — sebagai  Perusahaan yang berlandaskan pada tujuan mulia (purpose led), serta terus relevan dan  siap menghadapi  masa depan  (uture-fit) —  berkeinginan turut berperan dalam  pencapaian Sustainable  Development Goals (SDGs) dengan  menjalankan bisnis  atas dasar prinsip-prinsip  berkelanjutan.

Untuk mengakselerasi pencapaian tujuan SDGs dan  memastikan bahwa no one left behind, tentu diperlukan semangat yang inklusif dan partisipatif dari seluruh elemen masyarakat, atau seluruh pihak.

Berbagai upaya keberlanjutan yang dijalankan Unilever Indonesia tak lepas dari peran penting Unilever Indonesia Foundation (UIF) yang tahun ini genap berusia 20 tahun.

UIF berperan menemukan dan memberdayakan potensi di masyarakat, memberikan nilai tambah kepada masyarakat, menyatukan kekuatan mitra-mitranya, dan menjadi katalisator pembentukan kemitraan untuk mengakselerasi pencapaian program-program keberlanjutan Unilever Indonesia.

Nurdiana Darus selaku Head of Corporate Affairs & Sustainability PT Unilever Indonesia, Tbk. menerangkan, “Pentingnya kolaborasi, UIF terus menjalin kerja sama dengan berbagai pihak, termasuk Pemerintah dan LSM di tingkat lokal mau pun Nasional. UIF juga selalu melibatkan partisipasi aktif dari masyarakat di seluruh program-programnya, karena kesuksesan dari pembangunan berkelanjutan tidak terlepas dari kesadaran dan peranan masyarakat dalam membuat perubahan.”

dr. Kirana Pritasari, MQIH,  Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mengapresiasi komitmen Unilever Indonesia yang melakukan pendekatan multisektor melalui kolaborasi dan kemitraan dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat tersebut, terutama di tengah kondisi pandemi.

Dr. H. Emil Elestianto Dardak, B.Bus., M.Sc, Wakil Gubernur Provinsi Jawa Timur turut berbagi mengenai pentingnya kolaborasi, “Contoh kerja sama lintas sektor untuk mengatasi permasalahan lingkungan terlihat melalui komitmen Pemprov Jatim untuk mendukung pilot project bernama ‘Closing the Loop’–sebuah kolaborasi antara UCLG Asia Pacific, ASEAN, dan lembaga PBB UN ECOSOC. Proyek yang akan dilakukan di Surabaya sebagai salah satu dari 4 kota di ASEAN yang terpilih menjadi lokasi percontohan ini antara lain berfokus pada keberlanjutan penanganan limbah plastik dengan cara melibatkan peran aktif dari pelaku industri.”

Dr. Ir. Mohammad Rudy Salahuddin, MEM,  Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan, dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia berkomentar, “Kami percaya, kolaborasi bersama sektor Swasta mampu membantu kami melibatkan masyarakat Bottom of the Pyramid melalui penguatan rantai nilai industri dari hulu ke hilir, sehingga kita dapat mencapai pertumbuhan Ekonomi yang lebih inklusif dan mendorong pemulihan mengatasi dampak sosial Ekonomi akibat pandemi secara lebih cepat.”

Selain dalam bentuk program, prinsip keberlanjutan di Unilever Indonesia juga diterapkan melalui berbagai terobosan dalam pengembangan produk dan kemasannya. Salah satunya melalui komitmen terbaru dari divisi Home Care Unilever yaitu ‘Clean Future’, sebuah upaya menciptakan masa depan yang lebih bersih dan lestari.

“Kami yakin bahwa jika semua pihak turut berkolaborasi melakukan aksi nyata mulai dari lingkup terkecil yaitu keluarga, masa depan yang berkelanjutan dapat kita capai bersama dengan lebih cepat. Untuk itu, #MariBerbagiPeran untuk ciptakan Indonesia yang berkelanjutan, untuk Indonesia yang sehat, hijau, sejahtera,” ujar  Ira Noviarti, Direktur PT Unilever Indonesia, Tbk.

[]Andriza Hamzah

Photo : Dok : Alchemy Creative Communications

Keterangan Photo 2 (ki-ka)

Moderator – dr. Imran Agus Nurali, Sp.KO, Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat – Preetha Prabhakaran,  Water, Sanitation and Hygiene Specialist at UNICEF Indonesia – Ratu Mirah Afifah,  Head of Sustainable Living Beauty & Personal Care and Home Care Unilever Indonesia Foundation

Keterngan Photo 3 (ki-ka)

Moderator –  Dr. H. Emil Elestianto Dardak, Wakil Gubernur Provinsi Jawa Timur – Koni Sinarta Samadhi, Country Director of WRI Indonesia – Maya Tamimi, Head of Environment Unilever Indonesia Foundation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *