News Hitz

Raih Beasiswa Pendidikan Di Eropa, Melalui EHEF

European Higher Education Fair (EHEF) 2020, edisi ke-12, yang merupakan pameran Pendidikan Eropa terbesar di Dunia,  kembali digelar di Indonesia.

EHEF edisi ke-12 —  di tengah pandemi —  dilaksanakan  secara online, mulai tanggal 21-28 November 2020.

Pameran virtual yang  diikuti oleh 140 institusi Pendidikan Tinggi terkemuka dari 12 Negara Uni Eropa : Belgia, Perancis, Jerman, Italia, Belanda, Denmark,  Spanyol, Irlandia, Finlandia, Swedia, Hungaria, Polandia, Inggris dan Swiss, akan dibuka secara resmi pada tanggal 21 Noember 2020, oleh Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia, Vincent Piket,  bersama dengan Pejabat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Republik Indonesia.

Duta Besar Uni Eropa Vincent Piket, di acara peliputan virtual yang dipandu oleh Yulia Maroe, (18 November 2020), menyampaikan,”Diselenggarakannya  EHEF secara virtual,  di tengah kondisi pandemic COVID-19, agar para peserta serta pengunjung pameran dapat berinteraksi dengan aman. Virtual fair, ini juga memiliki keunggulan lain yaitu memberikan kesempatan kepada para pengunjung dari seluruh Indonesia,  untuk dapat berpartisipasi secara online.”

Yulia Maroe, – Vincent Piket

Vincent Piket menambahkan,”Eropa merupakan daerah tujuan populer bagi Mahasiswa dan Dosen asal Indonesia, dalam menuntut ilmunya. Di setiap tahun, lebih dari 4.000 Pelajar Indonesia berangkat ke Eropa. Tercatat sebanyak 1.600 Pelajar dan Dosen Indonesia memperoleh beasiswa dari Uni Eropa, melalui program Erasmus+, dan juga dari Negara-Negara Anggotanya. Dan di setiap tahunnya programme Erasmus+ juga memberikan kesempatan kepada lebih dari 200 Pelajar mau pun Dosen dari Eropa untuk mengikuti pertukaran Pelajar selama satu semester, mengajar atau pun mengikuti pelatihan.”

Tak kalah memikat, meski pun terdapat pandemi COVID-19 yang melanda seluruh Negara Eropa, jumlah Mahasiswa dan Dosen Indonesia yang berkunjung ke Eropa melalui program Erasmus+ tahun ini berjumlah 255 orang. 

Prof. Nizam, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia mengatakan, “EHEF 2020 merupakan kesempatan sangat baik bagi Mahasiswa dan Dosen Indonesia untuk memperoleh informasi tentang studi di Eropa dan beasiswa yang diberikan oleh Uni Eropa dan Negara Anggotanya. Sekaligus untuk meningkatkan kemitraan dan kerja sama di bidang Pendidikan, penelitian dan pengembangan dengan Universitas-Universitas top Eropa. Jadi acara ini merupakan kesempatan yang sangat baik untuk saling mengenal dan membina persahabatan dan kerja sama antara institusi Pendidikan Tinggi Eropa dan Indonesia.”

“Atas nama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, kami menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Uni Eropa atas penyelenggaraan EHEF di Indonesia setiap tahunnya. Kami juga  berterima kasih kepada Uni Eropa dan Negara-Negara anggotanya atas dukungan yang terus diberikan kepada Mahasiswa, cendekiawan dan institusi Pendidikan Tinggi di Indonesia. Terima kasih dan penghargaan khusus saya sampaikan kepada Bapak Duta Besar Vincent Piket atas semangatnya dalam memajukan persahabatan antara Uni Eropa dan Indonesia,” tambah Prof. Nizam.

Pameran virtual EHEF di Indonesia yang ke-12 ini akan memberi kesempatan bagi para Mahasiswa, dosen dan peneliti untuk dapat  bertemu dan berdiskusi secara online dengan perwakilan Universitas-Universitas Eropa.

Menarik tentu, pameran ini akan diisi dengan rangkaian webinar  tentang studi di Eropa, presentasi dari Universitas-Universitas di Eropa serta pameran virtual EHEF. 

[]Andriza Hamzah

Photo : Dok. ID COMM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *