Health News Hitz

Alan Budikusuma & Susy Susanti : “Susu Menu Wajib Anggota Keluarga”

KehadiranPembicara Ketua Umum PERGIZI PANGAN Indonesia Prof. Hardinsyah, Ketua GKSI (Gabungan Koperasi Susu Indonesia),  Ketua KPSBU (Koperasi Peternak Sapi Bandung Utara) Lembang, Dedi Setiadi, serta  2 pasangan legenda Bulutangkis Dunia, Susy Susanti dan Alan Budikusuma, di acara  diskusi online bertajuk “Kebaikan Susu Sebagai Bagian Gizi Seimbang, dari Peternak Sapi Perah Untuk Keluarga Indonesia Sehat Berprestasi”, yang digelar  PT Frisian Flag Indonesia (FFI), Perusahaan produk bergizi berbasis susu bekerja sama dengan PERGIZI PANGAN Indonesia, kian terasa pesonanya.

Acara yang merupakan bagian dari rangkaian kegiatan perayaan Hari Susu  SeDunia yang juga Hari Susu Nusantara yang diperingati  secara Internasional mau pun Nasional pada  setiap 1 Juni, di tahun 2020, ini  dimanfaatkan FFI untuk mengapresiasi para peternak sapi perah lokal yang bekerja setiap hari demi tersedianya susu bagi keluarga Indonesia.

Demikian dikatakan Corporate Affairs Director FFI, Andrew F. Saputro.

Dalam diskusi yang berlangsung secara online pada 02 Juni 2020, Ketua Umum PERGIZI PANGAN Indonesia Prof. Hardinsyah menyampaikan kebaikan-kebaikan yang terkandung dalam segelas susu.

“Sejarah gizi menunjukkan bahwa susu berperan baik dalam diet manusia sehari-hari. Dalam segelas susu terkandung separuh kebutuhan kalsium dan vitamin D, kebutuhan protein, vitamin B6, B9, B12, E dan fosfor; serta  vitamin B5, zink, selenium dan magnesium. Semua zat gizi ini turut membantu pertumbuhan dan perkembangan anak, pertumbuhan dan kekuatan tulang dan gizi, serta kekuatan otot dan kemampuan berfikir,” ucap Prof. Hardinsyah.

Prof. Hardinsyah menekankan bahwa susu merupakan pelengkap pemenuhan kebutuhan gizi, yang tidak hanya baik dikonsumsi anak,  tapi  baik untuk dikonsumsi setiap hari oleh remaja dan orang dewasa untuk melengkapi pemenuhan gizi seimbang yang merupakan investasi untuk hidup sehat, cerdas dan kuat di masa sekarang dan masa datang.

“Hanya sayangnya belum banyak dari masyarakat yang memahami hal tersebut, diukur dari rendahnya konsumsi susu penduduk Indonesia yang rata-rata adalah 17kg perkapita pertahun. Maka dari itu, penting untuk kita semua mengingatkan keluarga Indonesia untuk membangun kebiasaan baik minum susu setiap hari,” tambah Prof. Hardinsyah.

Kebiasaan baik minum susu juga terus digaungkan oleh pasangan legenda bulutangkis dunia, Susy Susanti dan Alan Budikusuma.

“Sejak saya kecil, susu dan telur adalah minuman dan makanan yang selalu tersedia di meja makan di rumah. Orang tua saya memastikan kami mendapat asupan protein yang cukup, karena sebagai atlet Bulutangkis makan dan minum dengan gizi seimbang akan sangat mendukung performa kami di lapangan,” sambut Susy.

Alan Budikusuma yang masih aktif dalam dunia bulutangkis Indonesia menyampaikan,“Minum susu dan makan makanan bergizi membantu saya menjaga kesehatan dan kekuatan tubuh. Dengan porsi latihan yang begitu besar dan membutuhkan banyak tenaga, atlet harus punya kebiasaan minum dan makan yang baik, dan kebiasaan minum susu adalah salah satunya.” 

Kebiasaan baik yang diterapkan oleh orang tua Susy dan Alan diteruskan oleh keduanya kepada anak-anak mereka. Kata Susi,“Setiap hari saat sarapan, susu menjadi menu wajib untuk seluruh anggota keluarga yang membantu kami tumbuh menjadi keluarga yang tetap sehat dan kuat.”

[]Andriza Hamzah

Photo : Dok. FIF/IRIS Communication

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *