News Hitz

Aksi Kebaikan Komunitas Tunarungu, Sungguh Menyentuh

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) melalui Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik memberdayakan Komunitas Tungarungu dalam Program Cash for Work. dengan menggandeng komunitas tunarungu fingertalk

‘Cash For Work BAZNAS’,  merupakan salah satu bentuk kegiatan padat karya dengan memberikan upah langsung kepada tenaga kerja atau relawan yang terlibat dalam aktivitas sosial BAZNAS, diikuti peserta dengan antusias. 

Pelaksanaan ‘Cash For Work BAZNAS’ yang melibatkan komunitas tunarungu ini dalam rangka untuk memberdayakan mereka di tengah krisis Covid-19. Demikian disampaikan oleh  Plt. Kepala Program melalui Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik, Deden Kuswanda mengatakan

“Saat ini mereka tidak bisa bekerja karena kafe tempat mereka bekerja tutup sementara selama pandemi COVID-19. Akibatnya mereka kini tidak memiliki penghasilan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,” kata Deden Kuswanda, Kamis (14/5/2020). 

Para pekerja tunarungu ini semangat mengikuti kegiatan pembagian masker, sarung tangan, penutup kepala kepada mustahik pelaku usaha, hingga hidangan buka puasa. Menariknya mereka membagikan bantuan tersebut dengan cara yang unik, yaitu menggunakan bahasa isyarat sebagai media komunikasi. Antusias serta semangat yang mereka tunjukkan memberikan optimisme tersendiri terhadap masyarakat untuk selalu bersyukur dengan kondisi apapun. 

“Cash For Work BAZNAS ini diharapkan dapat membantu mustahik secara ekonomi,” ujarnya lebih lanjut. 

Kegiatan Cash For Work BAZNAS ini merupakan aktivitas yang mengikutsertakan pendamping wilayah dan mustahik pengusaha warung Zmart sebagai pemandu kegiatan. Pemberian masker, sarung tangan dan penutup kepala kepada mustahik pelaku usaha dilakukan untuk mendukung ke-higienis-an usaha mereka. Adapun aksi Cash For Work lainnya dilakukan dititik terdampak yakni, Bekasi, Kota Bogor, Jakarta Timur, Jakarta Pusat dan Depok, dengan total penerima manfaat sekitar 500 mustahik.

Pada kesempatan itu selain membagikan 300 paket masker lengkap dengan penutup kepala dan sarung tangan, relawan peserta Cash For Work BAZNAS membagikan 100 boks nasi sebagai hidangan berbuka puasa. Peserta juga mengedukasi masyarakat dan memasang poster edukasi di tiap titik terdampak. Kegiatan diakhiri dengan membagikan voucher belanja Zmart senilai 300ribu rupiah kepada para relawan yang terlibat, yang dapat  dapat ditukar dengan paket sembako di warung Zmart terdekat.

[]Dian Mart

Photo : DM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *