News Hitz

Penganugerahan IRSA 2019 : Bukti Kepedulian Keselamatan di Jalan

Digagas untuk menurunkan angka kecelakaan di Indonesia dan terus berupaya untuk mengajak seluruh lapisan masyarakat, baik Pemerintahan, lembaga swadaya masyarakat, swasta, dan lainnya untuk terus peduli terhadap keselamatan di jalan, itulah kiranya yang mendasari diselenggarakannya Indonesia Road Safety Award (IRSA), pada 7 tahun lalu.

“Adira Insurance menjadi perusahaan asuransi umum satu-satunya di Indonesia yang memiliki program CSR dengan fokus keselamatan di jalan dan terus dilakukan secara konsisten. Kami akui, hal ini tidaklah mudah, namun dengan sinergi dari berbagai pihak, seperti 5 pilar Kementerian, Adira Insurance mampu berkontribusi secara aktif untuk terus meningkatkan kepedulian keselamatan jalan di Indonesia,” ujar Julian Noor, Chief Executive Officer Adira Insurance, di acara  Penganugerahan Penghargaan IRSA 2019, bertempat di Hotel Shangri-la – Jakarta, 17 Desember 2019.

Julian Noor menambahkan,“Untuk membangun kesadaran masyarakat akan road safety, terlebih dengan tujuan untuk menekan angka fatalitas di jalan, tentunya bukan merupakan pekerjaan jangka pendek dan bisa dikerjakan satu pihak saja. Ini membutuhkan keseriusan banyak pihak dan strategi jangka panjang. Untuk itulah, kami berkomitmen untuk menjalankan program ini hingga mencapai tujuan besar. Komitmen Adira Insurance dalam membangun keselamatan jalan pun juga tidak akan pernah berhenti.”

Penyelenggaraan Penganugerahan  IRSA, setelah sukses  di tahun-tahun sebelumnya,  tahun 2019, ini tercatat sebanyak 180 Kota dan Kabupaten ikut serta.

Kemudian terpilih 23 Kota dan Kabupaten yang menjadi finalis IRSA 2019. Ke-23 finalis tersebut terpilih berdasarkan data-data keselamatan jalan, seperti jumlah penduduk, luas wilayah, jumlah kecelakaan, jumlah fatalitas kecelakaan, dan data pendukung lainnya.

Tahap berikutnya adalah observasi lapangan dan survei kepuasan pengguna jalan terhadap 23 finalis IRSA 2019, yang bertujuan untuk mengeksplorasi dan mengukur kualitas penerapan tata kelola keselamatan jalan di 23 kota dan kabupaten tersebut. Tahap terakhir, penjurian dan sharing session yang telah dilakukan pada Oktober lalu di Gedung Kementerian PPN/Bappenas.

Ada pun Pemenang Indonesia Road Safety  Award 2019 :

Kategori Kota dengan Tingkat Kepadatan Penduduk Tinggi

Pemenang Utama : Kota Depok

Kategori Kota dengan Tingkat Kepadatan Penduduk Rendah

Pemenang Utama : Kota Banjarbaru

Kategori Kabupaten dengan Tingkat Kepadatan Penduduk Tinggi

Pemenang Utama : Kabupaten Pacitan

Kategori Kabupaten dengan Tingkat Kepadatan Penduduk Rendah

Pemenang Utama : Kabupaten Musi Banyuasin

Kategori Kota/KabupatenExcellent City 2019

Pemenang Utama : Kota Semarang

Kategori Ibukota Provinsi

Pemenang Utama : Kota Bandung

 Penghargaan Khusus

Kota/kabupaten terbaik pada program kemitraaan : Kota Banjarbaru

Kota/kabupaten terbaik pada angkutan umum : Kota Semarang

Kota/kabupaten terbaik pada program sosialisasi dan edukasi keselamatan jalan : Kota Banjarbaru

Kota/kabupaten terbaik pada program Public Service Center : Kabupaten Bangka

 

[]Andriza Hamzah

Photo : Dok. EPR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *