Health

Pria Keren, Siap Singkirkan ‘Mager’

Rexona produksi PT Unilever Indonesia Tbk. membawa pria Indonesia lebih dekat dengan mimpinya.

Seperti  yang juga disampaikan oleh Anggya Kumala, Senior Brand Manager Rexona Deodorant PT Unilever Indonesia Tbk., di acara Rexona Ajak Pria Indonesia Aktif Bergerak Wujudkan Mimpi Lewat “Manchester City Trophy Tour 2019”, bertempat di Hallf Patiunus – Jakarta Selatan, pada 17 Oktober 2019,“Rexona percaya bahwa bagi semua orang, terutama para pria, mimpi adalah sesuatu yang harus dimiliki untuk menggapai kesuksesan. Akan tetapi, mimpi akan hanya menjadi harapan jika tidak diikuti dengan aksi nyata. Oleh karena itu, pria harus aktif bergerak dan mengambil berbagai kesempatan yang dapat membuka jalan bagi mereka untuk mewujudkan mimpi.”

Hanya saja, sebagian besar masyarakat Indonesia, termasuk pria, ternyata belum terdorong untuk aktif bergerak. Sebagai akibat banyak terjebak dalam sedentary lifestyle, gaya hidup yang didominasi oleh terlalu banyak duduk, membuat mereka tidak bergerak secara aktif.

Padahal, kebiasaan ini dapat menjadi resiko masalah kesehatan.

Di acara yang sama, dr. Andi Kurniawan Sp.KO selaku Spesialis Kedokteran Olahraga menerangkan, “Saat ini banyak masyarakat perkotaan terjebak dalam sedentary lifestyle, yaitu pola hidup yang mengarah ke aktivitas fisik yang rendah. Biasanya ditunjukkan dengan terlalu banyak duduk dan tidak bergerak aktif, yang semakin diperburuk dengan asupan pola makan yang tidak sehat.”

Hal itu melihat fakta dari  Riset Kesehatan Dasar 2018 yang menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia yang kurang beraktivitas fisik mengalami peningkatan yaitu sebesar 26,1% di tahun 2013 menjadi 33,5% di tahun 2018.

“Dari memulai aktivitas hingga kembali ke rumah, kebanyakan orang menghabiskan lebih banyak waktunya untuk duduk. Tidak heran sekarang muncul istilah ‘Sitting is the new smoking’, karena kebiasaan terlalu banyak duduk terbukti menjadi faktor resiko terhadap berbagai masalah kesehatan seperti gangguan pada tulang punggung,  penyakit jantung dan stroke.

Ada tiga hal yang sering menjadi alasan bagi mereka untuk tidak bergerak rutin termasuk berolahraga adalah: tidak ada waktu, tidak punya peralatan yang memadai, dan takut berkeringat. Padahal, keringat adalah suatu hal yang sangat alami. Ibarat sebuah mobil, ia adalah radiator alami dari tubuh untuk menurunkan suhu badan setelah berolahraga,” lanjut dr. Andi.

Maka jangan mager. Dengan  bergerak lebih teratur, maka kehidupan  semakin sehat dan tentunya indah. Demikian pesan dr. Andi Kurniawan.

 

[]Annisa Syaini

Photo : Istimewa

 

Keterangan Photo B :

  1. Andi Kurniawan Sp.KO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *