News Hitz

Pesona Karya Seni Yang Membuai

Sangat nyata, seni rupa dan gaya hidup para seniman sudah sejak lama mengilhami begiu banyak tren di Dunia. Didasari hal itu  dan juga untuk tujuan berbagi  pengalaman unik dengan khalayak lebih luas, serta memberi secercah  masukan tentang pemikiran serta kehidupan sepanjang berkaya di bidang seni, sejumlah seniman hebat Indonesia  menuangkannya dalam sebuah buku spesial

Adalah “Inside Studios : Indonesian Contemporary Artist”, sebuah buku visual/fotografi yang selintas terlihat saja sudah berbeda,  berisikan tampilan Studio dari 28 seniman  kontemporer terkemuka Indonesia, disertai tanya jawab yang unik dan intim.

Letak pesonanya, pertanyaan dijawab melalui gambar, lukisan dan kata-kata, sesuai  dengan gaya dan karakter masing-masing seniman dalam mengekspresikan diri.

Dari buku Inside  Studios dapat ditarik bahwa  dunia seni rupa Indonesia adalah salah satu yang paling dinamis di Dunia. Terutama dalam 10 tahun terakhir,  merupakan lambang kisah sukses Indonesia sebagai sumber kreativitas.

Proses penggarapan buku Inside Studios yang didukung oleh Djarum Foundation, serta beberapa kolektor seni, “Inside Studios : Indonesian Contemporary Artist”,  cukup mencengangkan.

Melalui proses tidak sebentar, 5 tahun, buku yang diprakarsai oleh  tim, terdiri dari : Alexandra Corradini, Sejarawan senirupa, yang pernah bekerja untuk Getty Foundation, Fondazione Alighiero Boetti, Magazino di Arte Moderna, Galleria Stefania Miscetti dan majalah Art Forum, Amelia Wirjono,  Wakil Art Basel, VIP, Asia Tenggara, Indra Leonardi, Fotografer, anggota International XXV Group of Professional Photographers,  penerima fellowship dari The American Society of Photographer dan ijazah fellowship dari The British Institute of Professional Photographers, dan Hermawan Tanzil, Desainer Grafis, yang adalah ikon desain grafis di Indonesia melalui firmanya yang terkenal, LeBoYe, dan pendiri  Dia.Lo.Gue,  berujung rampung dan tampil keren.

Tepatnya di penghujung bulan Agustus 2019, bertempat di pembukaan ajang  bergengsi  Art Jakarta 2019, Jakarta Convention Center (JCC), buku “Inside Studios : Indonesian Contemporary Artist”,  yang menampilkan  28 seniman terbaik Indonesia : A.D.Pirous; Ade Darmawan; Aditya Novali; Agung Kurniawan; Agus Suwage; Angki Purbandono; Arin Sunaryo; Christine Ay Tjoe; Dolorosa Sinaga; Eddi Prabandono; Eko Nugroho; Entang Wiharso; F.X. Harsono; Hanafi; Handiwirman Saputra; Heri Dono; I Nyoman Masriadi; Indieguerillias; J. Ariadhitya Pramuhendra; Jumaldi Alfi; Sunaryo; Mangu Putra; Melati Suryodarmo; Mella Jaarsma; Kertas Bulan; Tromarama; Ugo Untoro; Uji Handoko Eko Saputro, pun  diluncurkan.

Seniman yang dilibatkan dan tampil dalam buku “Inside Studios : Indonesian Contemporary Artist”, dikatakan oleh Tim penggarap buku, adalah  sangat pilihan. “Pastinya, yang sudah berhasil pameran hingga ke tingkat Dunia. Dari buku ini kami harap bisa memberi insprasi bagi orang lain.”

Dipastikan, Inside Studios di bawah penerbit Red & White Publishing, setebal 350 halaman, bukanlah sebuah katalog Senirupa Kontemporer Indonesia,  tepatnya terbilang buku kehidupan 28 seniman Indonesia, baik yang sudah mapan maupun yang  mulai naik daun.

[]Andriza Hamzah

Photo : Dok. EPR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *