Sport

Belitung Bersiap Meraih UGG 2020

Indonesia sebagai Negara Maritim yang penuh akan kekayaan dan keindahan alam yang eksotis, dalam waktu dekat — tepatnya bulan Agustus 2019 —  akan menjadi tuan rumah perhelatan Internasional BPJS Ketenagakerjaan Belitong Geopark International SUP (Stand Up Paddleboard) and Kayak Marathon (BGISKM) 2019 .

Merupakan sebuah kompetisi kegiatan dayung di laut menggunakan Kayak & SUP, yang dilangsung di Bangka Belitung.

Adalah  BPJS Ketenagakerjaan, akan  memperkenalkan olahraga air yang mulai banyak digemari oleh masyarakat, terlihat dari semakin banyaknya komunitas Kayak dan SUP bermunculan, yang bergandeng  Kabupaten Belitung, Kementerian  Pemuda dan Olahraga,  Kaniki Action Partner selaku penyelenggara kegiatan dan SUP.ID selaku perwakilan dari komunitas SUP Indonesia.

Kegiatan  ini sendiri, sebenarnya telah  diinisiasi pada tahun 2018 yang lalu melalui ‘Belitong Geopark International Kayak Marathon 2018’, dan  merupakan kegiatan pertama yang kemudian dikembangkan seriring  bertambahnya aktivitas air lainnya.

Untuk itu juga,  kegiatan ini akan dibuat sebagai agenda tahunan untuk mendorong wisata bahari Indonesia, sekaligus untuk mendukung penetapan Belitong sebagai Unesco Global Geopark (UGG) pada 2020.

Menandai dimulainya rangkaian kegiatan menuju BGISKM 2019, yang dilangsungkan  di Hoax Café Ancol – Jakarta, Sabtu, 16 Mei 2019, Diah Erawati, Pelaksana Geopark Belitong, mengatakan,”Kepualaun Belitung  merupakan kawasan bernilai lebih. Tentu kami mendukung wisata bahari Indonesia, terlebih untuk mendukung penetapan Belitong sebagai Unesco Global Geopark (UGG) 2020. Lebih dari, adalah juga merupakan tujuannya, kaum muda giat menjaga kelautan agar tetap jernih.”

 

[]Anggita

Photo : Dok. ePR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *