Health News Hitz

Musibah Banjir : Waspadai Penyakit Kulit

Gangguan pada  kulit yang  disebabkan oleh bencana banjir rob atau banjir akibat naiknya gelombang pasang, perlu diwaspadai dan diatasi dengan tepat. Bila tidak, bisa menjadi lebih sulit disembuhkan dan berpotensi mengganggu kualitas hidup secara keseluruhan

Merupakan program pertama terseleggara  di Indonesia. Setelah  tahun lalu sukses membantu memperbaiki kulit dan kualitas hidup lebih dari 300 warga di wilayah Bangkalan, Madura dan Gunung Sinabung, tahun 2019,  ini Brand perawatan kulit Vaseline kembali dan untuk ketigakalinya menyelenggarakan program “The Vaseline Healing Project”. Tepatnya berlangsung di Rumah Susun Waduk Pluit Muara Baru, Kecamatan Penjaringan – Jakarta Utara.

Memilih  wilayah Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara,  karena dinilai dan dilihat masih tingginya jumlah penderita gangguan kulit. Yang  salah satunya disebabkan oleh bencana banjir rob atau banjir akibat naiknya gelombang pasang yang masih kerap mereka alami.

(Ki-Ka) ;
dr. Litya Ayu Kanya Anindya, SpKK, FINS-DV – perwakilan PERDOSKI Cabang Jakarta – Mahnessa Siregar, Brand Manager Vaseline – Nycta Gina, Selebriti – Drg. Ratu Mirah Afifah GCClinDent., MDSc – perwakilan Yayasan Unilever Indonesia.

Terkait program menawan, ini pembicara ahli dr. Litya Ayu Kanya Anindya, SpKK, FINSDV menanggapi, “Musibah banjir biasanya diikuti oleh timbulnya berbagai macam penyakit, termasuk penyakit kulit. Penyakit kulit yang dapat timbul setelah kejadian banjir di antaranya adalah infeksi bakteri, infeksi jamur, dan dermatitis atau eksim. Hanya saja, sebagian masyarakat di Kecamatan Penjaringan masih mengabaikan gangguan kulit yang mereka alami dan tidak menganggapnya sebagai hal yang berbahaya. Padahal, gangguan kulit yang tidak mendapatkan penanganan yang tepat akan menjadi lebih sulit disembuhkan dan berpotensi mengganggu kualitas hidup secara keseluruhan.”

Program yang  digelar, ini sebagai bentuk kolaborasi dengan Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI) Cabang Jakarta, dengan tujuan  untuk menyebarluaskan edukasi tentang kesehatan kulit serta membantu memperbaiki kondisi kulit 250 warga yang tinggal di wilayah Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara.

Ketua PERDOSKI Cabang Jakarta, dr. Danang Triwahyudi, Sp.KK, FINSDV, FAADV menerangkan, “Untuk pelaksanaan program ‘The Vaseline Healing Project’, ini kami telah berkoordinasi dengan pihak Puskesmas setempat untuk memastikan segala sesuatunya berjalan dengan lancar dan efektif. Kami mengerahkan tim medis yang terdiri dari kurang lebih 30 orang Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin untuk memberikan edukasi dan sosialisasi mengenai kesehatan kulit kepada 50 Kader Puskesmas maupun Posyandu, dan juga masyarakat setempat.”

Tambahnya,”Selanjutnya, selain langsung memberikan layanan kesehatan untuk membantu memperbaiki masalah kulit yang mereka miliki, kami juga membagikan paket obat-obatan, termasuk Vaseline Repairing Jelly,  agar masyarakat dapat terus memelihara kesehatan mereka.”

Gelar program ‘Vaseline Healing Project’, terbilang  sebagai bukti nyata dari misi global Vaseline untuk memperbaiki kulit dan kualitas hidup masyarakat yang membutuhkan di seluruh Dunia. Hingga kini, program ini telah digelar di 41 negara dan membantu 3,2 juta orang.

Demikian dikatakan Mahnessa Siregar selaku Brand Manager Vaseline di acara “The Vaseline Healing Project” yang menghadirkan sosok selebrita,Nycta Gina

[]Anggita

Photo : Dok. Alchemy Communication

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *