Featuring

4 Entrepreneur Muda Dicetak Blibli.com

Setelah melalui proses panjang ajang yang dimulai sejak Juli 2018 lalu, mulai dari pendaftaran online, roadshow 5 kota, hingga masa mentoring dan karantina selama 3 minggu, ajang kompetisi pencarian pengusaha muda kreatif terbaik The Big Start Indonesia Season 3 yang digagas oleh Blibli.com, berhasil menemukan 4 pengusaha kreatif muda.

Selama masa karantina, para finalis mendapatkan sesi mentoring serta diuji dengan barbagai tantangan bisnis, seperti financial planning, e-marketing, customer service, logistik, strategi branding melalui platform digital, sehingga ke depannya mereka dapat mengembangkan usahanya ke skala lebih tinggi dengan pasar lebih luas lagi.

Santoso – Direktur BCA – Eddy Siswanto, Sekretaris Direktorat Jenderal Kementerian Perindustrian RI – Kusumo Martanto, Chief Executive Officer (CEO) Blibli.com – Mohamad Feriadi, Presiden Direktur JNE, bersama ke-4 Pemenang

Keempat pengusaha muda kreatif — merupakan finalis — : Erika Ernawati Simangunsong (Subang) “Pavettia Skincare” untuk kategori Kecantikan & Kesehatan, Joni Martono (Yogyakarta) “Setapak 9” untuk kategori Kriya, Robbi Ibadi (Jakarta) “Kingsmith” untuk kategori Fesyen, dan Shelly Ang (Bekasi) “Salaku” untuk kategori Kuliner, ini berhasil mengungguli 7,500 peserta lainnya dan menyisihkan 16 finalis lainnya di masa karantina.

Acara puncak pemilihan Pengusaha Muda Kreatif Terbaik dari yang Baik, yang berlangsung di Golden Ballroom, The Sultan Hotel & Residence Jakarta, pada 15 November 2018, lalu, melibatkan 12 Juri. Termasuk para pelaku ekosistem e-commerce seperti di bidang logistik (JNE), perbankan (PT Bank Central Asia Tbk atau BCA), Pemerintahan (Kementerian Perindustrian Republik Indonesia), serta Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia), solusi teknologi (XL Business Solutions dan Intel Indonesia Corporation) serta pendidikan entrepreneurship (Universitas PrasetiyaMulya).

Ke-4 finalis, oleh 12 Juri, dan juga melibatkan Chief Executive Officer (CEO) Blibli.com Kusumo Martanto bersama 5 figur bisnis ternama, Aline Adita, Gwen Winarno, Bagus Ochadiat, Barli Asmara dan Kezia Toemion, dinilai dari sisi performa presentasi, rencana bisnis terbaru, serta komunikasi visual video promosi.

“Melalui ‘The Big Start Indonesia’, kami menemukan banyak sekali UMKM di Indonesia yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan ke skala lebih besar. Kami percaya keempat pengusaha kreatif muda terbaik di Indonesia ini akan menjadi ikon-ikon penting dalam sejarah pertumbuhan dan perkembangan UMKM di Indonesia,” ujar Kusumo Martanto, Chief Executive Officer (CEO) Blibli.com, di acara Grand Final yang dihadriri Direktur BCA Santoso, Eddy Siswanto, Sekretaris Direktorat Jenderal Kementerian Perindustrian RI, dan Mohamad Feriadi, Presiden Direktur JNE, dan terasa kian gempita atas kehadiran penyanyi Andien melepas beberapa lagu.

Hadiah total Rp1,1 miliar untuk ke-4 Finalis, diperuntukkan sebagai modal usaha, sebesar Rp. 500 juta diraih Erika Ernawati Simangunsong (Subang) ‘Pavettia Skincare’ sebagai Juara 1, Juara 2 Robbi Ibadi (Jakarta) beroleh Rp. 300 juta, Juara 3 Joni Martono (Yogyakarta) ‘Setapak 9’ mendapat Rp. 200 juta dan Juara 4 Shelly Ang (Bekasi) ‘Salaku’ mendapat Rp. 100 juta.

Atas hadiah yang diterima oleh para Pemenang, Blibli.com berharap bisa memberi manfaat lebih bagi peningkatan skala bisnis mereka.

Andriza Hamzah
Foto : Dok. Blibli.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *