News Hitz

Gerakan NUSANTARA 2018 : Program Sekolah Sehat

Jakarta – Sebuah gerakan menawan,  bertajuk  ‘Gerakan NUSANTARA 2018’ (MiNUm Susu TiAp Hari uNTuk Anak CeRdas Aktif Indonesia) yang fokus pada Pendidikan Gizi Berkelanjutan untuk mewujudkan Sekolah dan Masyarakat Mandiri Gizi dan Hidup Sehat, kian gencar dilaksanakan

Program Gerakan hasil bersinergi dengan Program Gizi Anak Sekolah dan Program Sekolah Ramah Anak yang diluncurkan oleh PT Frisian Flag Indonesia (FFI), dan telah  memasuki tahun ke-6, menyasar ke Indonesia Timur meliputi Kabupaten/Kota Sorong, Kupang dan Timor Tengah Selatan. Juga tetap melanjutkan program di Kabupaten/Kota Malang, Tangerang Selatan, Banten dan Bekasi.

Fokus dari program ini lebih rincinya adalah  pada peningkatan kemandirian pelaksanaan program edukasi dan melanjutkan program Training of Trainers (ToT) yang secara signifikan meningkatkan kapasitas guru dalam pemahaman edukasi gizi.

Pemahaman guru yang lebih baik dinilai dapat meningkatkan kualitas edukasi gizi dan menghasilkan perkembangan perubahan komponen Pengetahuan, Sikap dan Perilaku (PSP) siswa akan gizi kevarah yang lebih baik.

Seperti yang disampaikan Ketua Pusat Kajian Gizi dan Kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia Ir. Ahmad Syafiq, di acara Peluncuran Gerakan NUSANTARA 2018 yang berlangsung di Komples Kementerian Pendidikan dan Kebudayaaan RI, Jalan Jend. Sudirman – Jakarta MSc, PhD,”Untuk mengukur kesuksesan program Gerakan NUSANTARA, kami melakukan studi Pengetahuan, Sikap dan Perilaku secara berkelanjutan. Dan menunjukkan, sejak 5 tahun program ini berhasil untuk mengubah Pengetahuan, Sikap dan Perilaku siswa akan gizi meningkat.”

Di tempat yang sama, Asisten Deputi Pemenuhan Hak Anak Atas Pendidikan, Kreativitas dan Budaya, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Elvi Hendarni, menjelaskan,”Salah satu indikator sekolah ramah anak adalah akses kepada makanan bergizi agar anak mendapatkan asupan makanan bergizi yang baik tidak hanya di rumah namun juga disekolah.”

Sedangkan Corporate Affairs Director PT Frisian Flag Indonesia Andrew F. Saputro menyatakan, “Setelah mempelajari hasil temuan studi PSP pada program dan melihat efektivitas keterlibatan dan antusiasme guru dalam mengikuti program ToT di bawah Gerakan NUSANTARA untuk mendalami pendidikan tentang gizi, Frisian Flag Indonesia mencanangkan penguatan keterlibatan guru dalam pendidikan gizi melalui kegiatan ToT yang terus dikembangkan untuk membawa perubahan PSP siswa kearah yang lebih baik.

Tentu diharapkan Program Gerakan NUSANTARA guna pembentukan keluarga Indonesia yang kuat, terlebih  kerja sama yang dilakukan oleh Frisian Flag dengan berbagai pihak yang antara lain ialah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan (KemenPPPA) Anak Bidang Tumbuh Kembang Anak, Dinas Pendidikan Terkait, PKGK UI dan seluruh guru di Indonesia.

Anisa Syaini

Foto : Iris Worldwide

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *