New Trendz

Kerajinan Kreatif Unggulan UKM Indonesia

Melalui Teras Indonesia, IKEA Indonesia tak henti memperkenalkan, sekaligus mengangkat produk-produk unggulan UKM. Kali ini hadirkan karya tangan kreatif perajin Tanah Air, menyertakan berbahan dasar kain perca, asesoris unik dari batu alam, manik-manik, sulam serta seni rajut.

Jakarta, 11 Juli 2018 – Pameran yang telah berlangsung pada tanggal 6 – 8 Juli 2018 lalu, berlokasi di area pintu masuk toko IKEA Alam Sutera, merupakan kerjasama antara ‘Teras Indonesia’, IKEA Indonesia dengan Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA), kali ini diikuti oleh tiga peserta UKM yaitu Cempaka Craft, Naureen Krakatau Craft dan La Suntu Tastio.

Atas penyelenggaraan pameran yang menghadirkan produk-produk unggulan UKM hasil karya tangan kreatif perajin Tanah Air, Country Marketing Manager IKEA Indonesia, Eliza Fazia menyampaikan,”IKEA Indonesia konsisten melaksanakan kegiatan ini dalam rangka memperkenalkan produk-produk UKM yang sangat unik dan khas. Juga digemari oleh para pengunjung kami. Penyelenggaraan pameran sebagai wujud apresiasi terhadap karya dan produk buatan Indonesia,” ujar Eliza Fazia.

Sebelum menampilkan produk-produknya di IKEA Alam Sutera, tim Interior Designer IKEA memberikan pengetahuan tentang tips menata display yang menarik layaknya ritel berkelas Internasional kepada ketiga UKM yang berpartisipasi. Pengetahuan tersebut diberikan untuk membantu mengangkat nilai dari produk yang ditampilkan, tidak hanya pada pameran Teras Indonesia, tetapi dapat bermanfaat pada pameran-pameran berikutnya di tempat lain.

Adapun ketiga peserta UKM yang menghadirkan karya-karya kreatifnya, adalah :

Cempaka Craftkarya

Merupakan UKM yang khusus membuat aneka kerajinan tangan kreatif berbahan dasar kain perca dan limbah penjahit yang dijadikan aneka tas dan dompet. Juga terdapat lukisan perca yang terbilang memiliki keunikan tersendiri dan sangat diminati konsumen.
Cempaka Craft, berlokasi Jalan Cempaka Baru Jakarta, ini didirikan oleh Ida Ningish pada tahun 2014, merupakan perpanjangan dari UKM ‘Cempaka Cookies & Snack’ yang memproduksi camilan dan kue-kue kering untuk keperluan Lebaran.

“Kami sangat berterima kasih kepada YDBA dan IKEA, yang telah membantu memasarkan dan memperkenalkan produk UKM Cempaka Craft melalui kegiatan pameran. Cempaka Craft selalu termotivasi untuk terus berinovasi dalam berkreasi menciptakan produk-produk yang diminati dan mengikuti perkembangan zaman”, kata Ida Ningsih.

Naureen Krakatau Craft

Adalah Tin Wiyati Fauzan, mendirikan UKM Naureen Krakatau Craft pada tahun 2013, dengan melibatkan masyarakat sekitar terutama para ibu rumah tangga dan remaja agar mereka mengisi waktu luang dengan kegiatan yang produktif guna menambah pendapatan keluarga.

Tak Cuma produksi kerajinan unggulan yang diminati banyak konsumen seperti asesoris dari batu alam, manik-manik, kulit kerang, clay, sulam, seni perca, rajut, crochet, decoupage, melukis minyak dan acrylic, tas serta dompet, Naureen Krakatau Craft juga memberikan pelatihan dan bimbingan bagi peserta UKM.

Untuk pemasaran produk, dilakukan dengan sistem konsinyasi di berbagai gerai di Jakarta dan Sawangan Depok, berpromosi secara online di sosial media Facebook: Tin Wiyati Fauzan, FP: Krakatau Sew&Craft, IG: Tinfauzan, IG: Rajut Krakatau.

La Suntu Tastio

Didirikan pada tanggal 18 Desember 2010 di Depok Jawa-Barat oleh Indari, La Suntu Tastio awalnya bergerak di bidang pembuatan tas, yang terbuat dari bahan tenun, kulit dan batik. Bahan bakunya didapatkan langsung dari pengrajin tenun dan batik yang ada di beberapa daerah di Nusantara.

“Kami sangat berharap dengan kegiatan UKM ini, kami dapat turut berpartisipasi dalam melestarikan budaya Nusantara Indonesia. Dengan begitu kita dapat membantu meningkatkan taraf hidup dan kualitas kehidupan para pengrajin di seluruh daerah di Nusantara,” kata Indari.

Anisa Syaini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *