Health

RS Mata Primasana Bergandeng BPJS

Pasien dengan kelainan/kerusakan retina yang memerlukan tindakan segera dan memadai, kini kian mudah. BPJS memperluasnya dengan terciptanya kerjasama dengan RS Mata Primasana.

Jakarta, 17 Juni 2018 – Kerjasama  antara RS Mata Primasana Tanjung Priok dengan  Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS),   terjalin dalam mendukung penyelenggaraan layanan kesehatan mata yang memadai bagi masyarakat.

Terjalinnya kerjasama, ini tak lepas dari,   Rumah Sakit yang mengambil lokasi di Jl. Kebon Bawang Raya No.1 Tanjung Priok,  Jakarta Utara,  yang    memulai operasionalnya sejak Juli 2017, memanglah   sudah melayani pasien dari berbagai kalangan dengan keluhan kesehatan mata.

Lebih lagi,  Rumah Sakit, ini menerapkan  konsep One Stop Service, sehingga pasien yang mengalami gangguan kesehatan mata mendapatkan pelayanan di satu tempat, tanpa harus merujuk pasien ke rumah sakit lain.

Seperti yang dijelaskan oleh Direktur RS Mata Primasana Tanjung Priok, Dr. Cosmos O. Mangunsong, SpM, bahwa kehadiran RS Mata Primasana semakin mempermudah masyarakat Jakarta, khususnya yang berada di kawasan Utara untuk mendapatkan akses layanan kesehatan mata yang mumpuni.

“RS Mata Primasana didukung dokter spesialis mata berpengalaman serta staf yang andal dan terampil, serta penerapan teknologi diagnostik terkini dan fasilitas yang modern, semakin membantu masyarakat meningkatkan kesadaran mereka terhadap pentingnya kesehatan mata,” Dr. Cosmos O. Mangunsang melanjutkan keterangannya.

Bila RS Mata Primasana hadir sebagai solusi untuk sentra penanganan penyakit retina yang bekerjasama dengan BPJS, sementara jumlah penderita gangguan kesehatan mata akibat kelainan/kerusakan retina bukan yang terbesar di Indonesia, namun retina memiliki peran penting bagi organ mata.

Di samping itu fasilitas peralatan untuk penanganan penyakit retina pada rumah sakit lain yang bekerja sama dengan BPJS masih kurang memadai, terutama pada Rumah sakit tipe C dan D.

Maka terbilang, khusus Retina Service merupakan layanan andalan di RS Mata Primasana, yang  dilengkapi dengan Teknologi Foto Fundus Retina dan Scan Retina dengan Optical Coherrent Tommography (OCT), merupakan  fasilitas diagnostik yang memungkinkan pasien melihat hasil diagnostik tiga dimensi, secara langsung di layar komputer atau melalui print-out.

Hasil diagnostik tentu  lebih cermat dan itu memudahkan dokter mengambil keputusan pengobatan yang tepat sesuai dengan kondisi pasien.

Adapun cakupan layanan pengobatan gratis yang diberikan BPJS meliputi berobat jalan, rawat inap, dan operasi. Operasi mata merupakan salah satu jenis operasi yang tercakup dalam BPJS Kesehatan. RS Mata Primasana merupakan salah satu rumah sakit yang menyediakan fasilitas BPJS kesehatan operasi mata.

”Melalui kerjasama dengan BPJS, kami berharap masyarakat akan semakin paham pentingnya kesehatan mata dan memeriksakan diri sedini mungkin, sehingga dapat menekan kebutaan akibat penanganan yang terlambat. Dengan standar penanganan pasien yang sama, pemegang BPJS akan mendapatkan penanganan yang memadai sesuai dengan kondisi dan kebutuhan mereka,” ujar Dr. Cosmos O. Mangunsang.

Tambahnya, ”Dengan begitu RS Mata Primasana juga turut serta mendukung program pemerintah mewujudkan Indonesia bebas katarak 2020.”

Anisa Syaini

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *