Health

Menikmati Kembali Hubungan Intim Pasca Melahirkan

Jakarta, 7 Mei 2018 – Jarang terpikir oleh orang-orang bagaimana hubungan seksual setelah melahirkan. Namun pada akhirnya para perempuan akan memiliki beberapa pertanyaan seputar seks setelah kehamilan. Apa saja yang perlu Anda dan pasangan ketahui tentang seks setelah melahirkan ?

Untuk melakukan hubungan seksual pasca melahirkan memang membutuhkan waktu dan perencanaan. Dilansir dari everydayhealth akan ada beberapa masalah yang biasanya timbul seperti rasa sakit, pendarahan, kelelahan, menyusui, termasuk suasana hati (mood). Masalah-masalah ini mungkin menjadi salah satu faktor yang mengganggu kenikmatan hubungan seksual setelah melahirkan.

Kemudian tubuh juga butuh penyesuaian dan pemulihan setelah melahirkan apakah itu normal ataupun caesar. Terkadang muncul juga rasa sakit atau keputihan, kebanyakan dokter menyarankan para perempuan untuk menunggu tiga hingga enam minggu sebelum melakukan hubungan seks setelah melahirkan.

Tak perlu khawatir karena setiap orang memiliki masalah fisik yang berbeda pasca persalinan. Anda dapat konsultasi dengan dokter, setelah dokter menyatakan aman untuk kembali melakukan hubungan seksual maka Anda dan pasangan dapat melanjutkannya.

Luangkan Waktu Untuk Penyesuaian dan Tingkat Emosional Anda

Kehadiran sang buah hati tentunya akan membawa kebahagiaan dan merubah hidup serta kebiasaan para pasangan muda khususnya para perempuan. Tak mengherankan bagi perempuan terkadang kegiatan seks bukan menjadi perhatian yang utama untuk sementara waktu.

Juga, perubahan hormon para perempuan setelah kehamilan dapat menyebabkan postpartum blues. Adalah normal untuk merasakan kesedihan, kecemasan, dan sifat lekas marah, tetapi perasaan ini akan hilang setelah beberapa minggu. Untuk kesedihan dan depresi yang lebih serius membutuhkan perhatian medis segera.

Perubahan hormon dapat menurunkan keinginan untuk bersenggama setelah melahirkan. Jadi jangan khawatir jika para perempuan tidak merasa ingin berhubungan seks setelah kehamilan. Untuk Anda para perempuan beri waktu kepada diri Anda dan komunikasikan dengan pasangan tentang perasaan Anda.

Tips Seks Lebih Baik Pasca Melahirkan

1. Membangun kembali keintiman. Hubungan seksual bukanlah satu-satunya pilihan untuk menciptakan keintiman. Lakukan komunikasi, habiskan waktu bersama, dan cari cara lain untuk mengungkapkan rasa sayang sebelum terjun kembali ke dalam hubungan seksual.

2. Gunakan lubrikasi buatan sesuai kebutuhan. Sejumlah ketidaknyamanan yang timbul adalah normal, untuk sementara waktu diperlukan pelumas buatan untuk mengatasi kekeringan dan perubahan anatomi vagina. Cobalah menggunakan pelumas berbasis air dan bereksperimen dengan posisi seksual yang berbeda jika penetrasi masih terasa sakit.

3. Latihan panggul. Otot-otot yang mengelilingi vagina Anda mungkin memerlukan bantuan untuk kembali ke bentuk semula. Tanyakan dokter Anda tentang belajar teknik latihan panggul Kegel.

4. Pengaturan waktu. Agar keintiman tercipta kembali maka gunakan waktu saat Anda dan pasangan sedang rileks. Ini bisa dilakukan di pagi hari atau selama tidur siang bayi.

5. Jaga kesehatan. Menjaga pola makan diperlukan ketika Anda kembali ke rutinitas normal, lakukan olahraga teratur, hidrasi yang baik, dan istirahat yang cukup.

Menjadi orang tua baru adalah tanggung jawab besar dan membutuhkan energi yang sangat besar. Butuh waktu bagi tubuh dan pikiran Anda untuk pulih dari masa kehamilan dan melahirkan. Dengan kesabaran dan perencanaan, hubungan seksual setelah melahirkan dapat menjadi pengalaman yang intim dan membahagiakan bagi Anda dan pasangan.

Marsha

Sumber: Chris Iliades, MD – Boston correspondent for Infection Protection, Lindsey Marcellin, MD, MPH – internal medicine specialist

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *